Posts

Showing posts from January 25, 2015

3769. PEMBAGIAN AKAL MENURUT ISLAM

PERTANYAAN : > Kecapi Warung Araq Assalamu'alaikum. Apa yang di maksud dengan akal wahabi dan akal kasbi? JAWABAN : > Mas Hamzah dengan akal maka hakikat segala sesuatu dapat diketahui dan kebaikan dapat dibedakan dari keburukan,akal dibagi menjadi dua,  1. ghorizy (instingtif) 2. muktasab (perolehan) akal ingstingtif adalah akal haqiqi dengan ketentuan beban taklif yg tdk boleh melampaui beban batas maksimal dan tdk boleh kurang dari batas minimal. dengan akal ini manusia bisa dibedakan dari hewan .jika akal ini dimiliki manusia secara sempurna maka dia disebut sbagai orang yg berakal dan cerdas, dengan akalnya dia bisa mencapai kesempurnaan. yg dimaksud dengan akal muktasab adalah hasil dari akal ingstingtif yakni hasil akhir pengetahuan, kebenaran strategi dan ketepatan pemikiran, akal muktasab ini tdk mempunyai batasan sebab dia tumbuh dan berkembang jika sering digunakan dan akan berkurang jika di abaikan. - kitab adabud dunya wad din imam mawardy وَاعْلَمْ أَن

Nadham Lam Yahtalim dan Sumber Rujukannya

Nadham Lam yahtalim, demikianlah sebutannya yang popular di Aceh dan di Indonesia pada umumnya merupakan nadham yang sering diucapkan secara berirama sesudah shalat atau pada moment lainnya di Aceh. Nadham yang dinamakan juga dengan al-Syamail al-Muhammadiyah al-Syarifah ini mengandung penyebutan sifat-sifat mulia Nabi Muhammad SAW. Nadham ini antara lain telah disebut dalam kitab al-Maraqi al-Ubudiyah karangan Syeikh al-Nawawi al-Bantani pada halaman 3 versi terbitan Radja Murah Pekalongan. Nadham tersebut adalah : لَمْ يَحْتَلِمْ قَطُّ طٰـهَ مُطْـلَقًا أَبَدًا        *          وَمَا تَثـَائَبَ أَصْـلاً فِىْ مَدَى الزَّمَنِ مِنْهُ الدَّوَابُ فَـلَمْ تَهْرَبْ وَمَـا وَقَعَتْ         * ذُبَابَةٌ أَبَـدًا فِى جِسْمِـهِ الْحَسَنِ بِخَلْـفِهِ كَأَمَـامٍ رُؤْيَةٌ ثَـــبَتَتْ             *       وَلَا يُرٰى أَثْـرُ بَوْلٍ مِـنْهُ فِيْ عَلَنِ وَقَلْبُهُ لَمْ يَنَـمْ وَالْعَيْنُ قَدْ نَعَسَتْ       *         وَلَايَرٰى ظِـلَّهُ فِى الشَّمْسِ ذُوْ فَـطِنِ كَـتْفَاهُ قَدْ عَلَـتَا قَوْمًا إِذَ