Posts

Showing posts from June 7, 2016

Teori Niat Menurut al-Suyuthi (bag.1)

Pengantar Tulisan ini merupakan ringkasan yang kami rangkum dari penjelasan al-Suyuthi dalam kitabnya, al-Asybah wan Nadhair fil Furu’ tentang niat. Kitab al-Asybah wan Nadhair ini merupakan kitab yang membahas secara khusus dan mendetil mengenai qawaid fiqh. Adapun naskah kitab yang menjadi rujukan kami adalah kitab al-Asybah wan Nadhair cetakan al-Haramain, beralamat Singapura-Jeddah-Indonesia, cetakan kedua pada tahun 1380 H/1960 M. (Halaman 6 s/d 37) A.     Hadits-hadits sekitar masalah niat. Hadits-hadits itu antara lain: 1.     انما الاعمال بالنيات Artinya : Sungguh hanyasanya semua amal dengan niat Hadits ini shahih dan masyhur, telah diriwayat oleh imam hadits yang enam (al-Bukhari, Muslim, Abu Daud, Turmidzi, al-Nisa-i dan Ibnu Majah) dan selain mereka dari ‘Umar bin Khatab r.a. Ibnu al-Asy’ats juga mentakhrij hadits ini dalam sunannya dari Ali bin Abi Thalib r.a. Al-Darulquthni dalam Gharaib Malik dan Abu Na’im dalam Hilliyah ada juga meriwayat hadits ini dari Abu Said al-Khu

4767. PENGERTIAN KATA "KITAB, BAB DAN PASAL"

PERTANYAAN : Assalamu'alaikum. Mohon dijelaskan pengertian lafadz/kata (كتاب،باب،فصل). [ Polem Useunam ]. JAWABAN : Wa'alaikum salam. Dalam perbedaan antara kitab, bab dan pasal, imam Ar-Roniniy (semoga Allah mengharumkan jejaknya) berkata :  Kitab : perkara yang mengumpulkan/menghimpun/mencakup/memuat pada masalah-masalah yang tunggal/sama dalam jenisnya, berbeda dalam macamnya.  Bab : perkara yang mengumpulkan pada masalah-masalah yang sama dalam macamnya, berbeda dalam sifat/golongan  Pasal : perkara yang mengumpulkan pada masalah-masalah yang sama dalam sifatnya, berbeda dalam personalnya.  Lihat Kitab Mu'jamul Furuq (1/447) : الفرق بين الكتاب والباب والفصل : قال شيخنا الرنيني طاب ثراه: الكتاب هو الجامع لمسائل متحدة في الجنس مختلفة في النوع. والباب: هو الجامع لمسائل متحدة في النوع، مختلفة في الصنف. والفصل: هو الجامع لمسائل متحدة في الصنف، مختلفة في الشخص. Dalam kitab Tuhfah dijelaskan bahwa Kitab seperti kutub dan kitabah secara etimologi berarti dlomm dan jam' (kum