Posts

Showing posts from June 1, 2015

4364. JIKA SUAMI BERKATA KEPADA ISTRINYA "KAMU JELEK"

PERTANYAAN : Assalaamu'alaikum. Misalnya suami berkata kepada istrinya: "kamu jelek". Nah kata kata itu bisa masuk tholaq kinayah bukan ? [ Lubb Nuktah ]. JAWABAN : Wa'alaikumussalaam. Perkataan suami kepada istrinya: "kamu jelek", tidaklah termasuk thalaq kinayah, namun haram dikatakan jika istri merasa tersakiti. Perkataan yang tidak menyerupai dan menunjukan pada lafadh lafadh thalaq baik shareh ataupun kinayah contohnya : minumlah kamu, makanlah kamu, kamu jelek dll, maka perkataan tersebut tidak termasuk thalaq, walaupun disertai dengan niat karena perkataan tersebut tidak mengandung makna thalaq, dan niatnya dianggap hanya niat saja tanpa ada perkataan yang mengandung kata-kata thalaq, sedangkan thalaq tidak sampai diucapakan (thalaq dalam hati tidak Jatuh). إعانة الطالبين ٤/١٢ .ويقع بكناية وهي ما يحتمل الطلاق وغيره إن كانت مع نية لإيقاع الطلاق مقترنة بأولها أى الكناية وتعبيري بمقترنة بأولها هو ما رجحه كثيرون واعتمده الأسنوى والشيخ زكري

4363. MEMINUM DARAH NABI

PERTANYAAN: > Fatin Shidqia Lubis Assalamualaikum Wr Wb. apakah benar ada hadist tentang sahabat nabi yG meminum darahnya nabi di waktu nabi terluka. sukron JAWABAN: > Boedak Diajar Al Asfany wa'alaikum salam wr.wb Malik bin Sinan (ayah Abu Said Al-Khudri) dalam Perang Uhud telah menelan darah Rasulullah SAW yang keluar dari luka di pipi beliau. (Shafiyurrahman Al-Mubarakfuri,Ar-Rahiqul Makhtum, hal. 219; Qadhi Iyadh,Asy-Syifa bi-Ta’rif HuquqAl-Mushthafa, hal. 40). Al-Mubarakfuri menulis bahwa : وامتص مالك بن سنان والد أبي سعيد الخدريالدم من وجنته صلى الله عليه وسلم حتى أنقاه، فقال: (مُجَّه)، فقال: والله لا أمجه، ثم أدبر يقاتل، فقال النبي صلى الله عليه وسلم: (من أراد أن ينظر إلى رجل من أهل الجنة فلينظر إلى هذا)، فقتل شهيداً. “Malik bin Sinan ayah Abu Said Al-Khudri telah menyedot darah dari pipi Rasulullah SAW sampai menelannya. Nabi SAW bersabda, “Ludahkanlah itu!” Malik bin Sinan menjawab,”Demi Allah, aku tidak akan meludahkannya.” Kemudian dia berbalik dan berperang. Berka

Menyentuh dan menanggung tulisan al-Qur’an dalam Komputer/HP

Sekarang banyak Software al-Qur’an  yang terdapat dalam komputer, laptop dan Handphone/Smartphone yang bisa kita baca dan juga bisa kita gunakan untuk belajar. Apakah Software tersebut dihukumi seperti Mushhaf dan bagaimana hukum membawanya ke dalam toilet? Bolehkan orang yang berhadats menyentuhnya? Jawabannya : Perangkat elektronik seperti komputer, laptop dan handphone/smartphone di zaman sekarang sudah sangat canggih dan bisa diinstalkan ke dalamnya program atau software Al-Quran. Namun beda antara komputer, laptop dan handphone/smartphone dengan mushhaf al-Quran yang kita kenal sehari-hari dari segi pengaktifan. Kalau diaktifkan, maka barulah perangkat elektronik itu menampilkan tulisan ayat-ayat al-Quran. Sebaliknya, kalau dimatikan tentu tulisannya tidak ada lagi. Ini disebabkan tulisan al-Qur’an  yang perangkat elektronik tersebut tidak seperti tulisan dalam mushhaf, tulisan tersebut adalah getaran listrik atau pancaran sinar yang bisa nampak dan bisa hilang serta bukan meru

4365. HUKUM MENANAM POHON DI TANAH ORANG TANPA IJIN

PERTANYAAN : Assalaamu'alaikum. Mohon pencerahan dari para ustadz. Permasalahan : Pak Zaid menanam pisang di lahan milik Pak Umar tanpa ijin, setelah berbuah maka : 1. Apabila pak Zaid memanen pisang yang ia tanam di lahan milik pak Umar yang tanpa ijin bagaimana hukumnya ? 2. Apabila pak Umar memanen pisang yang ditanam pak pak Zaid di lahannya bagaimana hukumnya ? Jazakumullah. Kata kunci : Pak Umar : pemilik lahan. Pak Zaid : penanam pisang. [ Rofiqul Mustaqim ]. JAWABAN : Wa'alaikumussalaam, 1. Boleh memanen pohon yang sudah terlanjur ditanam, tapi pak Zaid harus bayar ongkos pada pak Umar selaku pemilik lahan. الموسوعة الفقهية : إذا زرع الغاصب الأرض وردها بعد أخذ الزرع فهو للغاصب وعليه أجرة الأرض لمالكها، وإن كان الزرع قائماً فيها، خُيِّر ربها بين تركه إلى الحصاد بأجرة مثله، وبين أخذه بنفقته 2. Pak Umar tidak boleh memanen pisang tersebut karena pisang tersebut haqnya pak Zaid, sebagai gantinya maka pak Zaid harus membayar ongkos kepada pak Umar selaku pem

4362. JIKA GIGI / GUSI BERDARAH SAAT SHOLAT

PERTANYAAN : Assalamualaikum wr.wb. Pak ustadz ketika saya sedang sholat dzuhur tadi tiba-tiba gigi saya berdarah. Bagaimana apakah sholat saya batal atau tidak ? Terimakasih. Wassalamu'alaikum wr.wb. [ Aryo Baskoro ]. JAWABAN : Wa'alaikumussalaam wr. wb. Jika keluar darahnya sedikit tidak apa-apa artinya tidak batal sholatnya dan boleh baginya melanjutkannya. Tapi jikalau banyak (melebihi ukuran uang logam ) maka batal solatnya. Wallaahu A'lam. [ Muhib Salaf Soleh, Santriwati Dumay ]. التقريرات السديدة ج ١ ص ٢٠٣. تفصيل حكم الدم في الصلاة :  إن كان لا يدركه الطرف يعفى عنه.و إن كان يدركه ، ننظر : إذا كان من أجنبي يعفى عن قليله فقط و إن كان من نفسه : فننظر : إن كان من المنافذ غير السبيلين فلا يعفى عنه عند الرملي و يعفى عند ابن حجر عن قليله. إعانة الطالبين على حل ألفاظ فتح المعين  ج ١ ص ١١٦ وتصح صلاة من أدمى لثته قبل غسل الفم اذا لم يبتلع ريقه فيها لأن دم لثته معفو عنه بالنسبة الى الريق ـ (قوله: لثته) نائب فاعل أدمى.وهو بتثليث اللام : ما حول الأسنان.وقيل: هي

4361. PENJELASAN SEPUTAR MIQOT ZAMANI DALAM HAJI

PERTANYAAN : Assalamu'alaikum. Ada titipan pertanyaan : Dalam manasik haji dalam pengertian miqot zaman batasnya itu sampai mana ? 1. Apa yang dimaksud dengan bulan-bulan haji ? 2. Apa yang tercakup dalam pengertian pada tahun tersebut ? Contoh : seseorang ingin mengerjakan haji ifrod, tapi pada tahun tersebut dia pernah mengerjakan umroh, ketika datang bulan haji diapun berangkat menunaikan ibadah haji, apakah termasuk haji tamat'u atau bukan ? Monggo diwedar. [ Kumbang Gurun ]. JAWABAN : Wa'alaikumussalaam. Miqot zamani itu adalah waktu yang sah untuk ihrom haji atau umroh. 1. Adapun miqot zamaninya haji (waktu yang sah untuk ihrom ibadah haji) adalah bulan syawal, dzul qo'dah, dzul hijjah. Adapun umroh maka sah di waktu kapan pun . 2. Pengertian pada tahun tersebut, diperinci : § Jika dia haji BUKAN di bulan haji maka dia bukan haji tamatu namanya tapi haji ifrod. Kenapa ? Karena dia umroh di LUAR bulan bulan yang sah ihrom haji padanya yaitu bulan s