Posts

Showing posts from May 12, 2015

4295. INILAH CARA NIAT WUDHU

PERTANYAAN : Pertanyaan buat piss ktb : cukupkah bila niat wudlu " nawaitul wudhu'a fardon lillahi ta'ala ", niat wudhu fardhu karena Allah ? [ Alhimni Rusdy ]. JAWABAN : Niat seperti itu sudah cukup, cara niat wudhu bagi orang yang sehat dari penyakit (tidak dalam kondisi istihadhoh dan beser) adalah dengan salah satu dari 3 niat berikut : 1. niat menghilangkan hadats, atau niat bersuci dari hadas. 2. niat agar diperbolehkan sholat atau selain sholat dari ibadah-ibadah yang tidak boleh kecuali dengan bersuci. 3. niat fardhunya wudhu, atau niat ada' wudhu. Bahkan jika niat wudhu saja maka wudhunya sah menurut pendapat yang ashoh dalam kitab tahqiq. Yang nomor 3 sudah masuk sebagai jawaban. Wallohu a'lam bis showab. ( Mas Hamzah ). - kitab kihayatul akhyar (1/23) : وكيفيتها إِن كَانَ المتوضيء سليما لَا عِلّة بِهِ أَن يَنْوِي أحد ثَلَاثَة أُمُورأَحدهَا رفع الْحَدث أَو الطَّهَارَة عَن الْحَدثالثَّانِي أَن يَنْوِي اسْتِبَاحَة الصَّلَاة أَو غَيره

4291. WAKTU MENGUSAP DAN MEMBASUH TELINGA

PERTANYAAN : Assalamualaikum wr wb. Membasuh kedua telinga itu sunnah. Pertanyaannya : kapankah waktu membasuh telinga saat wudhu' itu ? apakah waktu membasuhnya itu tertentu ataukah tidak ? [ Abdus Syakur ]. JAWABAN : Waalaikum Salam Wr Wb, membasuh telinga sunnah untuk keluar dari khilaf (karena ada yang menyatakan telinga termasuk wajah dan ada juga yang menyatakan telinga termasuk dari kepala ) ketika : 1. membasuh wajah. 2. setelah membasuh sebagian kulit kepala atau rambutnya التقريرات السديدة ج ١ ص ٩٠. السنن في أثناء غسل الوجه :  منها ... مسح الأذنين خروجا من خلاف من يقول إن الأذنين من الوجه. و السنن التي في أثناء مسح الرأس  منها : مسح الأذنين خروجا من خلاف من يقول إن الأذنين من الرأس المجموع ج ١ ص ٤١٣. ﻓﺮﻉ)ﻓﻲ ﻣﺬاﻫﺐ اﻟﻌﻠﻤﺎء ﻓﻲ اﻷﺫﻧﻴﻦ: ﻣﺬﻫﺒﻨﺎ ﺃﻧﻬﻤﺎ ﻟﻴﺴﺘﺎ ﻣﻦ اﻟﻮﺟﻪ ﻭﻻ ﻣﻦ اﻟﺮﺃﺱ ﺑﻞ ﻋﻀﻮاﻥ ﻣﺴﺘﻘﻼﻥ ﻳﺴﻦ ﻣﺴﺤﻬﻤﺎ ﻋﻠﻰ اﻻﻧﻔﺮاﺩ ﻭﻻ ﻳﺠﺐ ﻭﺑﻪ ﻗﺎﻝ ﺟﻤﺎﻋﺔ ﻣﻦ اﻟﺴﻠﻒ ﺣﻜﻮﻩ ﻋﻦ اﺑﻦ ﻋﻤﺮ ﻭاﻟﺤﺴﻦ ﻭﻋﻄﺎء ﻭﺃﺑﻲ ﺛﻮﺭ ﻭﻗﺎﻝ اﻟﺰﻫﺮﻱ ﻫﻤﺎ ﻣﻦ اﻟﻮﺟﻪ ﻓﻴﻐﺴﻼﻥ ﻣﻌﻪ ﻭﻗﺎﻝ اﻻﻛﺜﺮﻭﻥ ﻫﻤﺎ ﻣﻦ اﻟﺮﺃﺱ ﻗﺎﻝ اﺑﻦ اﻟﻤﻨﺬﺭ ﺭ

4290. LAIN LAIN : PETUNJUK KEBAIKAN DAN KEBURUKAN

PERTANYAAN : Hizzam Swolrds assalamu 'alaikum... mohon pencerahannya para alim para ustadz di PISS KTB.. saya mau tanya dan ini selalu jd pertanyaan dalam benak saya,, hidayah adlah sepenuhnya hak Alloh tp knpa orang yg tdk pernah mndpt hidayah katakanlah kafir sejak lahir di akhirat dia tetap di siksa smntara dia tdk prnh mndpt hidayah,, mgkn klo orang islam yg berbuat maksiat di siksa wajar krna dia sdh mndpt hidayah tp knpa orang yg kafir sjak lahir tetap di siksa...? atas bantuan nya terima kasih JAWABAN : > Mas Hamzah wa alaikumus salaam warohmatulloh setiap orang dan setiap jiwa telah diberi hidayah/ petunjuk dan juga ilham, bukan orang islam saja, semuanya tanpa terkecuali mendapat hidayah dan juga ilham berupa dua jalan, yaitu jalan kebaikan dan jalan keburukan atau jalan kefasikan dan ketaqwaan. jadi terserah manusianya sendiri mau pilih yg mana. *dalam surat al balad ayat 10 Allah berfirman : وَهَدَيْنَٰهُ ٱلنَّجْدَيْنِ " Dan Kami telah menunjukkan kepadan

4289. CARA MEMANDIKAN MAYAT YANG BERTATTO

PERTANYAAN : Assalamualaikum. Para Ustadz dan Ustadzah saya punya sedikit permasalahan. Bagaimana cara memandikan mayat orang yang bertato, apakah tatonya harus dihilangkan terlebih dahulu ? [ Naila Ar-rif'ah ]. JAWABAN : Wa alaikum salaam, saat memandikan mayit orang yang bertato, tidak wajib menghilangkan tatonya. Wallohu a'lam bis showab ( Muhib Salaf Soleh ). بشرى الكريم ج ١ ص ٢٥٦ ﻭﺗﺠﺐ ﺇﺯاﻟﺔ اﻟﻮﺷﻢ ﻟﺤﻤﻠﻪ ﻧﺠﺎﺳﺔ ﺗﻌﺪﻯ ﺑﺤﻤﻠﻬﺎ ﺇﺫ ﻫﻮ ﻏﺮﺯ اﻹﺑﺮﺓ ﺇﻟﻰ ﺃﻥ ﻳﺪﻣﻰ ﺛﻢ ﻳﺬﺭ ﻋﻠﻴﻪ ﻧﻴﻠﺔ ﺃﻭ ﻛﺤﻞ ﺃﻭ ﻧﺤﻮﻫﻤﺎ، ﻓﺈﻥ اﻣﺘﻨﻊ .. ﺃﺟﺒﺮﻩ اﻟﺤﺎﻛﻢ ﻭﺟﻮﺑﺎ، ﻛﺮﺩ اﻟﻤﻐﺼﻮﺏ، ﻭﻻ ﺗﺼﺢ ﺻﻼﺗﻪ ﻗﺒﻞ ﺇﺯاﻟﺘﻪ، ﻭﻳﻨﺠﺲ ﻣﺎ ﻻﻗﺎﻩ ﻣﻊ ﺭﻃﻮﺑﺔ ﻭﺇﻧﻤﺎ ﻳﺤﺮﻡ ﻭﺗﺠﺐ ﺇﺯاﻟﺘﻪ ﺑﺸﺮﻭﻁ: اﻷﻭﻝ: ﺃﻥ ﻻ ﺗﻜﻮﻥ ﻓﻴﻪ ﻣﻨﻔﻌﺔ، ﻓﺈﻥ ﻛﺎﻧﺖ ﻓﻴﻪ ﻣﻨﻔﻌﺔ ﻭﻟﻢ ﻳﻘﻢ ﻏﻴﺮﻩ ﻣﻘﺎﻣﻪ .. ﺟﺎﺯ. اﻟﺜﺎﻧﻲ: ﺃﻥ ﻳﻜﻮﻥ ﻣﻦ ﻫﻮ ﻓﻴﻪ ﺗﺠﺐ ﻋﻠﻴﻪ اﻟﺼﻼﺓ، ﻭﺇﻻ ﺑﺄﻥ ﻛﺎﻥ ﻧﺤﻮ ﻣﺠﻨﻮﻥ .. ﻟﻢ ﺗﺠﺐ ﺇﺯاﻟﺘﻪ ﺣﺘﻰ ﻳﻔﻴﻖ. اﻟﺜﺎﻟﺚ: ﺃﻥ ﻳﻜﻮﻥ ﺣﻴﺎ، ﻓﻼ ﺗﺠﺐ ﺇﺯاﻟﺘﻪ ﻋﻦ ﻣﻴﺖ. اﻟﺮاﺑﻊ: ﺇﻧﻤﺎ ﺗﺠﺐ ﺇﺯاﻟﺘﻪ (ﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﺨﻒ) ﻣﻨﻬﺎ (ﻣﺤﺬﻭﺭا ﻣﻦ ﻣﺤﺬﻭﺭاﺕ اﻟﺘﻴﻤﻢ) اﻟﺴﺎﺑﻘﺔ ﻛﺒﻂء ﺑﺮء، ﻭﺇﻻ .. ﻟﻢ ﺗﺠﺐ ﺇﺯاﻟﺘﻪ ﻭﺇﻥ ﺗﻌﺪﻯ ﺑﻪ، ﻓﺈﻥ ﻟﻢ ﻳﺘﻌﺪ ﺑﻪ .. ﻟﻢ ﺗﺠﺐ ﺇﺯاﻟﺘ

4288. LAIN LAIN : ISTRINYA ABU THALIB

PERTANYAAN : Hendra Alfatih Hidayatulloh  السلم عليكم para sepuh mau nanya.Klo istri nya abu tholib itu seorang muslim atw bkan? والسلم عليكم JAWABAN : > Mas Hamzah wa alaikumus salaam warohmatulloh istrinya abu tolib bernama fatimah binti asad al hasyimi, beliau seorang muslimah dan termasuk muhajirot awwal. - kitab siyaru a'lamin nubala' (2/118) فاطمة بنت أسد  بن هاشم بن عبد مناف بن قصي الهاشمية ، والدة علي بن أبي طالب . هي حماة فاطمة . كانت من المهاجرات الأول وهي أول هاشمية ولدت هاشميا قاله الزبير . قال ابن عبد البر : روى سعدان بن الوليد السابري ، عن عطاء ، عن ابن عباس ، قال : لما ماتت فاطمة أم علي ألبسها النبي صلى الله عليه وسلم قميصه ، واضطجع معها في قبرها فقالوا : ما رأيناك يا رسول الله صنعت هذا ! فقال : إنه لم يكن أحد بعد أبي طالب أبر بي منها ؛ إنما ألبستها قميصي لتكسى من حلل الجنة ، واضطجعت معها ليهون عليها . هذا غريب .  - kitab ai isobah fi tamyizis shohabah (8/60)  11584 - فاطمة بنت أسد بن هاشم بن عبد مناف الهاشمية والدة علي وإخوته قيل أنها توفيت قبل الهجر

4287. HUKUM MEMBACA AL-QUR'AN SAMBIL TIDURAN

PERTANYAAN : Hanima Itis Assalamu'alaikum.... maaf pak ustad mau tanya, boleh ga sih baca al qur'an di hp sambil tiduran atau sambil nina bobo in anak walau sudah berwudhu...??? JAWABAN : > Mas Hamzah wa alaikumus salaam membaca al qur'an sambil tiduran hukumnya jawaz/boleh - kitab al adzkar (1/ 13)  عن عائشة رضي الله عنها قالت : (كان رسول الله صلى الله عليه وسلم يتكئ في حجري وأنا حائض فيقرأ القرآن) رواه البخاري ومسلم.وفي رواية : (ورأسه في حجري وأنا حائض).  " dulu rasululloh shollallohu alaihi wasallam bertelekan dipangkuanku sedangkan aku dalam keadaan haid kemudian beliau membaca alqur'an "dalam satu riwayat : " dan kepala beliau berada di pangkuanku sedangkan aku dlm keadaan haid" HR. Bukhory dan Muslim dari Aisyah rodhiyallohu anha - syarah nawawi ala muslim  قولها : ( كان رسول الله - صلى الله عليه وسلم - يتكئ في حجري وأنا حائض فيقرأ القرآن ) فيه جواز قراءة القرآن مضطجعا ومتكئا ، على الحائض وبقرب موضع النجاسة . والله أعلم .  dawuhn