Posts

Showing posts from February 25, 2015

3831. KISAH ORANG YANG MENGATAKAN BAHWA MAULID NABI BID’AH SAYYI`AH

KISAH ORANG YANG MENGATAKAN BAHWA MAULID NABI BID’AH SAYYI`AH Oleh KH. Abdullah Afif (Diceritakan oleh Sayyid Alawi Al-Maliki dari abahnya, Sayyid Abbas Al-Maliki Rahimahumallaahu ta'aalaa) تَنْبِيْهٌ PERINGATAN حَكَى السَّيِّدُ عَلَوِي اَلْمَالِكِيُّ أَنَّ وَالِدَهُ اَلْمَرْحُوْمَ السَّيِّدَ عَبَّاسْ اَلْمَالِكِيَّ رَحِمَهُ اللهُ أَخْبَرَهُ أَنَّهُ حَضَرَ فِيْ بَيْتِ الْمَقْدِسِ اِحْتِفَالًا نَبَوِيًّا لَيْلَةَ عِيْدِ الْمِيْلَادِ النَّبَوِيِّ تُلِيَ فِيْهِ مَوْلِدُ الْبَرْزَنْجِيِّ فَإِذَا رَجٌلٌ أَشْيَبُ قَامَ بِغَايَةِ الْأَدَبِ مِنْ أَوَّلِ الْمَوْلِدِ إِلَى نِهَايَتِهِ وَأَفَادَهُ لَمَّا سَأَلَهُ عَنْ سَبَبِ وُقُوْفِهِ مَعَ كِبَرِ سِنِّهِ بِأَنَّه كَانَ لَا يَقُوْمُ عِنْدَ ذِكْرِ الْمِيْلَادِ النَّبَوِيِّ وَيَعْتَقِدُ أَنَّهُ بِدْعَةٌ سَيِّئَةٌ فَرَأَى فِيْ نَوْمِهِ أَنَّهُ مَعَ جَمَاعَةٍ مُتَهَيِّئِيْنَ لِاسْتِقْبَالِهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَلَمَّا طَلَعَ لَهُمْ بَدْرُ مُحَيَّاهُ وَنَهَضَ الْجَمِيْعُ لِاسْتِقْبَالِهِ لَمْ يَسْتَطِعْ هُوَ الْقِيَامَ لِذَلِكَ وَقَا

3830. DISKUSI SEPUTAR HUKUM MUSHOFAHAH DAN CIUM TANGAN

PERTANYAAN : Mari kita bermudzakaroh, hukumnya mushofahah atau bersalaman cium tangan ? ( Yusuf Abi ). JAWABAN : Mushofahah (bersalaman) sambil membungkukkan badan diperbolehkan selama tidak mencapai posisi sebagaimana orang ruku' ketika sholat (bila mencapai posisi ruku' maka hukumnya makruh namun tidak sampai haram apalagi syirik). Bahkan menurut Al-Hafidz Al-'Iroqi mencium tangan atau kaki orang orang mulia dengan maksud tabarruk merupakan perbuatan baik dan terpuji berdasarkan tujuan dan niatnya. Wallahu A'lam. Lihat artikel yang berkaitan dengan masalah ini : 1322. ETIKA : DALIL MENCIUM TANGAN HABAIB, ULAMA, KYAI DAN USTADZ 1154. MASALAH SYATTA : MENCIUM TANGAN PEJABAT Sebagaimana kita ketahui dan juga setelah membaca kedua dokumen di atas bahwa hukum mencium tangan dapat kita bagi menjadi dua hukum : 1. Mencium tangan seseorang karena dunianya, ataupun pangkatnya, seperti halnya pejabat (gubernur bupati, dsb), orang orang kaya dan sebagainya hukum

3829. JIKA ISTERI MENINGGAL SEBELUM TERLUNASI MAHAR NIKAHNYA (MAS KAWIN)

PERTANYAAN : Assalamu'alaikum. Jika mahar atau mas kawin dihutang ketika ijab qobul menikah dan suami mencicilnya ,kemudian istri nya meninggal apakah perlu melunasinya ? Dan membayarnya pada siapa, wali almarhumah istri atau siapa ? (Pertanyaan Titipan) JAWABAN : Wa'alaikum salam. Itu sama dengan hutang, Artinya tetap wajib dibayarkan meski kepada ahli warisnya. - Salalimul Fudhola', hal : 16 فان مات المستحق سلمه الى الوارث فان لم يكن وانقطع خبره فلى قاض ثقة ترضى سيرته وديانته فان لم يكن فلى عالم متدين فان تعذر صرفه في المصالح كالقناطر بنية الغرام له اذا وجده فان عجز عنه أو شق عليه لخوف اوغيره تصدق به على االأحوج فالأحوج Dan keseluruhan dari mahar (bukan separuh) itu jadi tetap (wajib diserahkan semuanya) disebabkan kematian salah satu dari suami atau istri meskipun belum ada persetubuhan / jima' (antara keduanya) karena kesepakatan / ijma' para sahabat mengenai hal itu. Lihat Fathul mu'in : فتح المعين ويتقرر كله أي كل الصداق بموت لأحدهما ولو