Posts

Showing posts from March 5, 2015

HUKUM YASINAN

Image
Hukum Yasinan Hukum selamatan hari ke-3, 7, 40, 100, setahun, dan 1000 hari diperbolehkan dalam syari'at Islam. Keterangan diambila dari kitab "Al-Hawi lil Fatawi" karya Imam Jalaluddin Abdurrahman As-Suyuthi jilid 2 halaman 178 sebagai berikut: ﻗﺎﻝ ﺍﻻﻣﺎﻡ ﺃﺣﻤﺪ ﺑﻦ ﺣﻨﺒﻞ ﺭﺿﻲ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻨﻪ ﻓﻰ ﻛﺘﺎﺏ ﺍﻟﺰﻫﺪ ﻟﻪ : ﺣﺪﺛﻨﺎ ﻫﺎﺷﻢ ﺑﻦ ﺍﻟﻘﺎﺳﻢ ﻗﺎﻝ : ﺣﺪﺛﻨﺎ ﺍﻷﺷﺠﻌﻰ ﻋﻦ ﺳﻔﻴﺎﻥ ﻗﺎﻝ ﻗﺎﻝ ﻃﺎﻭﺱ : ﺍﻥ ﺍﻟﻤﻮﺗﻰ ﻳﻔﺘﻨﻮﻥ ﻓﻰ ﻗﺒﻮﺭﻫﻢ ﺳﺒﻌﺎ ﻓﻜﺎﻧﻮﺍ ﻳﺴﺘﺤﺒﻮﻥ ﺃﻥ ﻳﻄﻌﻤﻮﺍ ﻋﻨﻬﻢ ﺗﻠﻚ ﺍﻷﻳﺎﻡ , ﻗﺎﻝ ﺍﻟﺤﺎﻓﻆ ﺃﻟﻮ ﻧﻌﻴﻢ ﻓﻰ ﺍﻟﺠﻨﺔ : ﺣﺪﺛﻨﺎ ﺃﺑﻮ ﺑﻜﺮ ﺑﻦ ﻣﺎﻟﻚ ﺣﺪﺛﻨﺎ ﻋﺒﺪ ﺍﻟﻠﻪ ﺑﻦ ﺃﺣﻤﺪ ﺑﻦ ﺣﻨﺒﻞ ﺣﺪﺛﻨﺎ ﺃﺑﻰ ﺣﺪﺛﻨﺎ ﻫﺎﺷﻢ ﺑﻦ ﺍﻟﻘﺎﺳﻢ ﺣﺪﺛﻨﺎ ﺍﻷﺷﺠﻌﻰ ﻋﻦ ﺳﻔﻴﺎﻥ ﻗﺎﻝ : ﻗﺎﻝ ﻃﺎﻭﺱ : ﺍﻥ ﺍﻟﻤﻮﺗﻰ ﻳﻔﺘﻨﻮﻥ ﻓﻰ ﻗﺒﻮﺭﻫﻢ ﺳﺒﻌﺎ ﻓﻜﺎﻧﻮﺍ ﻳﺴﺘﺤﺒﻮﻥ ﺃﻥ ﻳﻄﻌﻤﻮﺍ ﻋﻨﻬﻢ ﺗﻠﻚ ﺍﻷﻳﺎﻡ Artinya: "Telah berkata Imam Ahmad bin Hanbal ra di dalam kitabnya yang menerangkan tentang kitab zuhud: Telah menceritakan kepadaku Hasyim bin Qasim sambil berkata: Telah menceritakan kepadaku al-Asyja'i dari Sufyan sambil berkata: TelaH berkata Imam Thawus (ulama besar zaman Tabi'in, wafat kira-kira tahun

KEJUJURAN DALAM MENUKIL PENDAPAT SESEORANG

Image
KEJUJURAN DALAM MENUKIL PENDAPAT ULAMA, BAIK DARI UCAPANNYA MAUPUN KARYA TULISNYA. Saya nukil keterangan ini dalam muqoddimah kitab " Qimatuz zaman 'indal Ulama ", Hal. 7, karya Syaikh Abdul Fattah Abu Ghuddah ; فقد قال العلماء : من الامانة في العلم عزوه الى قائله او ناقله Maka sungguh telah berkata para Ulama' ; " Termasuk sifat jujur dalam menuntut ilmu adalah menyandarkan karya ilmu tersebut kepada pengarangnya atau penukilnya ". Kemudian diparagraf selanjutnya ; ولله در الامام الشافعي اذ يقول : الحر من راعى وداد لحظة، وانتمى لمن افاده لفظة. " Demi Alloh benarlah apa yang dikatakan oleh Imam Asy-Syafi'i, bahwa orang yang berjiwa merdeka adalah orang2 yang tidak pernah melupakan kebaikan orang lain meskipun sekejap, dan selalu mengingat jasa orang yang pernah memberinya manfaat kepadanya meskipun sedikit ". Danny Ma'shoum

SEJARAH SHOLAWAT BADAR

Image
Shalawat Badar adalah “Lagu Wajib” Nahdlatul Ulama. Berisi puji-pujian kepada Rasulullah SAW dan Ahli Badar (Para Sahabat yang mati syahid dalam Perang Badar). Berbentuk Syair, dinyanyikan dengan lagu yang khas. Shalawat Badar digubah oleh Kia Ali Mansur Banyuwangi, salah seorang cucu dari KH. Muhammad Shiddiq Jember tahun 1960. Kiai Ali Mansur saat itu menjabat Kepala Kantor Departemen Agama Banyuwangi, sekaligus menjadi Ketua PCNU di tempat yang sama. Proses terciptanya Shalawat Badar penuh dengan misteri dan teka-teki. Konon, pada suatu malam, ia tidak bisa tidur. Hatinya merasa gelisah karena terus menerus memikirkan situasi politik yang semakin tidak menguntungkan NU. Orang- orang PKI semakin leluasa mendominasi kekuasaan dan berani membunuh kiai-kiai di pedesaan. Karena memang kiai-lah pesaing utama PKI saat itu. Sambil merenung, Kiai Ali Mansur terus memainkan penanya diatas kertas, menulis syair-syair dalam bahasa arab. Dia memang dikenal mahir membuat syair sajak ketika masih

SAHABAT ABDULLOH IBN UMAR SHOLAT DIKUBURAN

Abdullah bin Umar Shalat di Kuburan ﻭ ﻗﺪ ﻣﺮ ﻋﺒﺪ ﺍﻟﻠﻪ ﺑﻦ ﻋﻤﺮ ﺭﺿﻲ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻨﻬﻤﺎ ﻳﻮﻣﺎ ﻋﻠﻰ ﻣﻘﺒﺮﺓ , ﻓﻔﺮﺵ ﺭﺩﺍﺀﻩ ﻭ ﺻﻠﻰ ﺭﻛﻌﺘﻴﻦ ﻫﻨﺎﻙ , ﻓﻘﻴﻞ ﻟﻪ ﻓﻰ ﺫﻟﻚ , ﻓﻘﺎﻝ : ﺫﻛﺮﺕ ﺃﻫﻞ ﺍﻟﻘﺒﻮﺭ ﻭ ﻗﺪ ﺣﻴﻞ ﺑﻴﻨﻬﻢ ﻭ ﺑﻴﻦ ﺍﻟﻌﺒﺎﺩﺓ , ﻓﺄﺣﺒﺒﺖ ﺃﻥ ﺃﺗﻘﺮﺏ ﺍﻟﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ ﺑﺮﻛﻌﺘﻴﻦ ﺑﻴﻨﻬﻢ Artinya: ===== Pada suatu hari Abdullah bin Umar melewati sebuah kuburan. Kemudian, beliau menghamparkan selendangnya dan shalat di sana. Dikatakan dalam suatu riwayat beliau berkata: Aku ingat kepada para penghuni kuburan dan sesungguhnya bisa dijadikan rekayasa di antara mereka dan ibadah. Aku senang mendekatkat diri kepada Allah ta’ala dengan melaksanakan shalat di antara kuburan-kuburan mereka. {Kitab “Tanbihul Mughtarrin”, karya Syaihul Islam asy- Syeikh Abdul Wahab asy-Sya’roni halamann 103, cetakan “Darul Kutub al-Islamiyyah”, Kalibata –Jakarta Selatan} Oleh: KH. Thobary Syadzily

HUKUM ZIARAH KEMAKAM WALI ATAU ORANG SHOLIH

Hukum Ziarah dan Tabarruk ke Makam Orang Shaleh dan Waliyullah Kitab " Al-Bidayah wan Nihayah karya Al-Hafidz Ibnu Katsir cetakan Daar el-Fikr tahun 1978 Jilid 6 Juz 12 halaman 287. # ﺍﻟﺨﻀﺮ ﺑﻦ ﻧﺼﺮ # =========== ﻋﻠﻰ ﺑﻦ ﻧﺼﺮ ﺍﻷﺭﺑﻠﻰ ﺍﻟﻔﻘﻴﻪ ﺍﻟِﺸﺎﻓﻌﻲ ﺃﻭﻝ ﻣﻦ ﺩﺭﺱ ﺑﺄﺭﺑﻞ ﻓﻰ ﺳﻨﺔ ﺛﻼﺙ ﻭ ﺛﻼﺛﻴﻦ ﻭ ﺧﻤﺴﻤﺎﺋﺔ , ﻭ ﻛﺎﻥ ﻓﺎﺿﻼ ﺩﻳﻨﺎ , ﺍﻧﺘﻔﻊ ﺑﻪ ﺍﻟﻨﺎﺱ , ﻭ ﻛﺎﻥ ﻗﺪ ﺍﺷﺘﻐﻞ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﻜﻴﺎ ﺍﻟﻬﺮﺍﺳﻲ ﻭ ﻏﻴﺮﻩ ﺑﺒﻐﺪﺍﺩ , ﻭ ﻗﺪﻡ ﺩﻣﺸﻖ ﻓﺄﺭﺧﻪ ﺍﺑﻦ ﻋﺴﺎﻛﺮ ﻓﻰ ﻫﺬﻩ ﺍﻟﺴﻨﺔ , ﻭ ﺗﺮﺟﻤﻪ ﺍﺑﻦ ﺧﻠﻜﺎﻥ ﻓﻰ ﺍﻟﻮﻓﻴﺎﺕ , ﻭ ﻗﺎﻝ ﻗﺒﺮﻩ ﻳﺰﺍﺭ , ﻭ ﻗﺪ ﺯﺭﺗﻪ ﻏﻴﺮ ﻣﺮﺓ , ﻭ ﺭﺃﻳﺖ ﺍﻟﻨﺎﺱ ﻳﻨﺘﺎﺑﻮﻥ ﻗﺒﺮﻩ ﻭ ﻳﺘﺒﺮﻛﻮﻥ ﺑﻪ Artinya: "Ali bin Nasr al-Arbil, seorang ulama pakar fiqih Syafi'i adalah orang pertama yang mengajar di daerah Arbil pada tahun 533 H / 1139 M. Beliau seorang yang mempunyai keistimewaan di bidang ilmu agama. Banyak orang mengambil manfa'at dengan keilmuan beliau. Beliau sibuk sekali di al-Harasyi dan lainnya di Baghdad. Beliau mendatangi Damsyiq (sekarang Damaskus - Syria). Kemudian Ibnu 'Asakir menuliskan sejarah tentang beliau pada tahun itu j

TABARRUK DENGAN JENAZAH IMAM IBNU TAIMIYAH

Tabarruk dengan Jenazah Syeikh Ibnu Taimiyah. Masalah tabarruk dengan jenazah Syeikh Ibnu Taimiyah diterangkan di dalam kitab "Al-Bidayah wan-Nihayah" karya Imam Ibnu Katsir cetakan Dar el-Fikr pada jilid 7 juz 14 halaman 135 sebagai berikut: ﻗﺎﻝ ﺍﻟﺸﻴﺦ ﻋﻠﻢ ﺍﻟﺪﻳﻦ ﺍﻟﺒﺮﺯﺍﻟﻰ ﻓﻰ ﺗﺎﺭﻳﺨﻪ . ﻭ ﻓﻰ ﻟﻴﻠﺔ ﺍﻻﺛﻨﻴﻦ ﺍﻟﻌﺸﺮﻳﻦ ﻣﻦ ﺫﻯ ﺍﻟﻘﻌﺪﺓ ﺗﻮﻓﻰ ﺍﻟﺸﻴﺦ ﺍﻻﻣﺎﻡ ﺍﻟﻌﺎﻟﻢ ﺍﻟﻌﻠﻢ ﺍﻟﻌﻼﻣﺔ ﺍﻟﻔﻘﻴﻪ ﺍﻟﺤﺎﻓﻆ ﺍﻟﺰﺍﻫﺪ ﺍﻟﻌﺎﺑﺪ ﺍﻟﻤﺠﺎﻫﺪ ﺍﻟﻘﺪﻭﺓ ﺷﻴﺦ ﺍﻻﺳﻼﻡ ﺗﻘﻲ ﺍﻟﺪﻳﻦ ﺃﺑﻮ ﺍﻟﻌﺒﺎﺱ ﺃﺣﻤﺪ ﺑﻦ ﺷﻴﺨﻨﺎ ﺍﻻﻣﺎﻡ ﺍﻟﻌﻼﻣﺔ ﺍﻟﻤﻔﺘﻰ ﺷﻬﺎﺕ ﺍﻟﺪﻳﻦ ﺃﺑﻰ ﺍﻟﻤﺤﺎﺳﻦ ﻋﺒﺪ ﺍﻟﺤﻠﻴﻢ ﺍﺑﻦ ﺍﻟﺸﻴﺦ ﺍﻻﻣﺎﻡ ﺷﻴﺦ ﺍﻻﺳﻼﻡ ﺃﺑﻰ ﺍﻟﺒﺮﻛﺎﺕ ﻋﺒﺪ ﺍﻟﺴﻼﻡ ﺑﻦ ﻋﺒﺪ ﺍﻟﻠﻪ ﺑﻦ ﺃﺑﻰ ﺍﻟﻘﺎﺳﻢ ﻣﺤﻤﺪ ﺑﻦ ﺍﻟﺨﻀﺮ ﺑﻦ ﻣﺤﻤﺪ ﺍﺑﻦ ﺍﻟﺨﻀﺮ ﺑﻦ ﻋﻠﻰ ﺑﻦ ﻋﺒﺪ ﺍﻟﻠﻪ ﺑﻦ ﺗﻴﻤﻴﺔ ﺍﻟﺤﺮﺍﻧﻰ ﺛﻢ ﺍﻟﺪﻣﺸﻖ , ﺑﻘﻠﻌﺔ ﺩﻣﺸﻖ ﺑﺎﻟﻘﺎﻋﺔ ﺍﻟﺘﻰ ﻛﺎﻥ ﻣﺤﺒﻮﺳﺎ ﺑﻬﺎ , ﻭ ﺣﻀﺮ ﺟﻤﻊ ﻛﺜﻴﺮ ﺍﻟﻰ ﺍﻟﻘﻠﻌﺔ , ﻭ ﺃﺫﻥ ﻟﻪ ﻓﻰ ﺍﻟﺪﺧﻮﻝ ﻋﻠﻴﻪ , ﻭ ﺟﻠﺲ ﺟﻤﺎﻋﺔ ﻋﻨﺪﻩ ﻗﺒﻞ ﺍﻟﻐﺴﻞ ﻭ ﻗﺮﺅﺍ ﺍﻟﻘﺮﺃﻥ ﻭ ﺗﺒﺮﻛﻮﺍ ﺑﺮﺅﻳﺘﻪ ﻭ ﺗﻘﺒﻴﻠﻪ ﺛﻢ ﺍﻧﺼﺮﻓﻮﺍ , ﺛﻢ ﺣﻀﺮ ﺟﻤﺎﻋﺔ ﻣﻦ ﺍﻟﻨﺴﺎﺀ ﻓﻔﻌﻠﻦ ﻣﺜﻞ ﺫﻟﻚ ﺛﻢ ﺍﻧﺼﺮﻓﻦ ﻭ ﺍﻗﺘﺼﺮﻭﺍ ﻋﻠﻰ ﻣﻦ ﻳﻐﺴﻠﻪ Artinya: "Telah berkata as-Syaikh 'Alamuddin al-Barzali di dalam kitab tarikhnya:

3856. HUKUM MEMBERI IJAZAH LEWAT FB

PERTANYAAN : > Munjid Ingin Iman Kuat Emangnya boleh gitu bagi ilmu ijazah via facebook? JAWABAN : > Sunde Pati   Al-hawi Al-kabir juz 9 hal 154 أﻥ ﻟﻔﻆ ﺍﻟﻜﺘﺎﺑﺔ ﺗﻘﻮﻡ ﻣﻘﺎﻡ ﺍﻟﺘﺼﺮﻳﺢ بالنية > Rampak Naung Mayoritas ulama' memperbolehkan ijzah tertentu untuk orang tertentu atau ijazah tertentu untu umum dan boleh diamalkan, hanya golongan dhohiriyah yang melarang hal itu... ﺗﺪﺭﻳﺐ ﺍﻟﺮﺍﻭﻱ ﻓﻲ ﺷﺮﺡ ﺗﻘﺮﻳﺐ ﺍﻟﻨﻮﺍﻭﻱ ﺹ: 447 ] ﺍﻟﻘﺴﻢ ﺍﻟﺜﺎﻟﺚ : ﺍﻹﺟﺎﺯﺓ ، ﻭﻫﻲ ﺃﺿﺮﺏ ; ﺍﻷﻭﻝ : ﺃﻥ ﻳﺠﻴﺰ ﻣﻌﻴﻨﺎ ﻟﻤﻌﻴﻦ ﻛﺄﺟﺰﺗﻚ ﺍﻟﺒﺨﺎﺭﻱ ﺃﻭ ﻣﺎ ﺍﺷﺘﻤﻠﺖ ﻋﻠﻴﻪ ﻓﻬﺮﺳﺘﻲ ، ﻭﻟﻬﺬﺍ ﺃﻋﻠﻰ ﺃﺿﺮﺑﻬﺎ ﺍﻟﻤﺠﺮﺩﺓ ﻋﻦ ﺍﻟﻤﻨﺎﻭﻟﺔ ، ﻭﺍﻟﺼﺤﻴﺢ ﺍﻟﺬﻱ ﻗﺎﻟﻪ ﺍﻟﺠﻤﻬﻮﺭ ﻣﻦ ﺍﻝﻃﻮﺍﺋﻒ ، ﻭﺍﺳﺘﻘﺮ ﻋﻠﻴﻪ ﺍﻟﻌﻤﻞ ﺟﻮﺍﺯ ﺍﻟﺮﻭﺍﻳﺔ ﻭﺍﻟﻌﻤﻞ ﺑﻬﺎ . ﻭﺃﺑﻄﻠﻬﺎ ﺟﻤﺎﻋﺎﺕ ﻣﻦ ﺍﻟﻄﻮﺍﺋﻒ ﻭﻫﻮ ﺇﺣﺪﻯ ﺍﻟﺮﻭﺍﻳﺘﻴﻦ ﻋﻦ ﺍﻟﺸﺎﻓﻌﻲ . ﻭﻗﺎﻝ ﺑﻌﺾ ﺍﻟﻈﺎﻫﺮﻳﺔ ﻭﻣﺘﺎﺑﻌﻴﻬﻢ : ﻻ ﻳﻌﻤﻞ ﺑﻬﺎ ، ﻛﺎﻟﻤﺮﺳﻞ ، ﻭﻫﺬﺍ ﺑﺎﻃﻞ....  ﺹ : 451 ] ﺍﻟﻀﺮﺏ ﺍﻟﺜﺎﻧﻲ : ﻳﺠﻴﺰ ﻣﻌﻴﻨﺎ ﻏﻴﺮﻩ ﻛﺄﺟﺰﺗﻚ ﻣﺴﻤﻮﻋﺎﺗﻲ ﻓﺎﻟﺨﻼﻑ ﻓﻴﻪ ﺃﻗﻮﻯ ﻭﺃﻛﺜﺮ ، ﻭﺍﻟﺠﻤﻬﻮﺭ ﻣﻦ ﺍﻟﻄﻮﺍﺋﻒ ﺟﻮﺯﻭﺍ ﺍﻟﺮﻭﺍﻳﺔ ﻭﺃﻭﺟﺒﻮﺍ ﺍﻟﻌﻤﻞ ﺑﻬﺎ . ﺍﻟﺤﺎﺷﻴﺔ ﺭﻗﻢ : 1 ( ﺍﻟﻀﺮﺏ ﺍﻟﺜﺎﻧﻲ : ﻳﺠﻴﺰ ﻣﻌﻴﻨﺎ ﻏﻴﺮﻩ ) ﺃﻱ ﻏﻴﺮ ﻣﻌﻴﻦ ( ﻛﺄﺟﺰﺗﻚ ) ﺃﻭ

7 KEAGUNGAN TAQWA

Image
7 ISYARAT AYAT AL-QUR'AN TENTANG KELEBIHAN ORANG YANG BERTAQWA. As-Syaikh Abu Nashr Muhammad ibn Abdirrahman al-Hamadzani rahimahulloh berkata, " Ada tujuh hal yang sangat diharapkan semua manusia, akan tetapi Alloh SWT telah berjanji akan memberikannya kepada orang-orang yang bertakwa ; (1). Semua manusia mengharapkan diampuni dosa-dosanya, akan tetapi Alloh SWT telah berjanji akan memberikannya kepada orang-orang yang bertakwa. Ayatnya adalah : (ذَٰلِكَ أَمْرُ اللَّهِ أَنْزَلَهُ إِلَيْكُمْ ۚ وَمَنْ يَتَّقِ اللَّهَ يُكَفِّرْ عَنْهُ سَيِّئَاتِهِ وَيُعْظِمْ لَهُ أَجْرًا) [Surat At-Talaq : 5] " Itulah perintah Allah yang diturunkan-Nya kepada kamu, dan barangsiapa yang bertakwa kepada Allah, niscaya Dia akan menghapus kesalahan-kesalahannya dan akan melipat gandakan pahala baginya ". (2). Semua manusia mengharapkan selamat dari neraka, akan tetapi hal itu dijanjikan Alloh SWT kepada orang-orang yang bertakwa. Ayatnya adalah : (وَيُنَجِّي اللَّهُ الَّذِينَ اتَّقَوْا بِم

3855. INILAH TATA CARA WANITA ISTIHADHOH SEBELUM SHOLAT

PERTANYAAN : Assalamu'alaikum. Maaf mau tanya apa yang harus dilakukan perempuan yang sedang istihadloh sebelum melakukan sholat? Terima kasih. [ Fiqoh ]. JAWABAN : Berikut hal-hal yang harus dilakukan perempuan yang sedang istihadloh sebelum melakukan sholat : 1. wajib bagi dia untuk membersihkan dulu najis yang ada padanya dari darah atau yang lainnya. 2. wajib bagi dia menutupi tempat keluarnya darah denga kapas atau selainnya, Ini jika dia tidak merasa terganggu dan juga dia tidak sedang berpuasa karena dengan memasukan kapas ke kemaluannya dapat membatalkan puasanya. 3. harus cepat cepat wudlu tapi jika sudah masuk waktunya solat dan juga mesti muwalah(langsung wudlu kemudian sholat ). 4. harus cepat cepat solat setelah wudlu dan jangan sampai ada pekerjaan pemisah antara wudlu dan solat yang akan dia kerjakan kecuali pekerjaan itu untuk kemaslahatan seperti menjawab adzan atau sholat sunnah qobliyah. [ Muhib Salaf Soleh ]. التقريرات السديدة ج ١ ص ١٧١. الخطوات

ANEKDOT PENUH HIKMAH

Image
Anekdot dan Hikmah dari Guru-Guru kami Tercinta . @ Al-Mursyid Al Hafidz Al Waro' Syaikhina Al Bazzi Nawawi Trowulan. Dalam kesempatan pengajian rutin Tafsir Jalalain ba'da Maghrib, pernah mengatakan kepada kami ; " Sinau o sing temenan. sebab pirang-pirang anak e macan dadi kucing kerono kurang temenan olehe sinau "  ( Belajarlah dengan sungguh-sungguh, sebab berapa banyak keturunan Ulama yang menjadi seperti halnya orang biasa /awam, oleh karena kurangnya  keseriusan dalam belajar ). " Dadi wong Quran iku kudu gelem soro. Mulango..senajan muridmu mung siji tetep wulangen..cukup, cukup..ojo wedi gak iso mangan, selagi cangkem iki isih suwek..mangan, mangan, dikersakno dadi opo wae, sempatno waktu gawe mulang Quran ".  ( Jadi seorang Hafidz itu harus mau bekerja keras. Mengajarlah...meskipun dengan satu murid, pasti Alloh mencukupimu. Jangan takut ndak bisa makan, selagi mulut ini masih robek ( terbuka ) pasti makan. Ditakdirkan jadi apapun sempatkan waktu u

PERYATAAN PARA IMAM DAN ULAMA TENTANG TASHOWWUF

Image
Pernyataan para Imam dan Ulama mengenai Tasawuf Imam Abu Hanifa ( 81-150 H./ 700-767 M.) Imam Abu Hanifa (r) mengatakan, “Kalau bukan karena dua tahun, celakalah aku.  Selama dua tahun aku telah menemani Sayyidina Ja'far ash-Shadiq (a) dan aku mendapatkan ilmu spiritual yang membuatku seorang arif di Jalan ini.” Kitab Ad-Durr al-Mukhtar , vol 1. hal. 43, menyebutkan bahwa Ibn `Abidin berkata, “Abi Ali Dakkak (q), salah seorang wali, menerima tarekatnya dari Abul Qassim an-Nashirabadi (q), yang menerimanya dari asy-Syibli (q), yang menerimanya dari Sariyy as-Saqathi (q), yang menerimanya dari Ma`ruf al-Karkhi (q), yang menerimanya dari Dawud ath-Tha`i (q), yang menerima ilmu baik lahir maupun batin, dari Imam Abu Hanifa (r), yang mendukung Jalan Spiritual Sufi.” Sebelum wafat, sang Imam berkata, “ lawla sanatan lahalaka Nu`man ,” “Kalau bukan karena dua tahun, Nu`man [yakni dirinya sendiri] akan celaka.” Itu adalah dua tahun terakhir masa hidupnya, ketika ia mulai menemani Ja`far

DUKA SANG LANGIT KETIKA SEORANG MU'MIN MENINGGAL

Image
MENANGISNYA LANGIT DAN BUMI SERTA MALAIKAT SEBAB MENINGGALNYA SEORANG MU'MIN. Didalam Kitab Syarhus Sudur bi Syarhi Haalil Mauta wal Qubur nya Imam Jalaluddin Asy-Suyuthi, Hal. 218. واخرج سعيد ابن منصور وابو نعيم عن مجاهد قال ؛ ما من مؤمن يموت الا تبكي عليه الارض اربعين صباحا .     ابو نعيم حلية الاولياء ( ٣ / ٢٩٧ )، واخرجه نحوه ابن ابي شيبة ( ٣٦٦٠٩ ) Said ibn Manshur serta Abu Nu'aim mengeluarkan riwayat dari Mujahid, bahwasannya Mujahid berkata ; " Tidak ada seorang pun dari mukmin yang meninggal kecuali bumi menangisinya selama 40 pagi ". Imam Abu Nu'aim Al Ashbahani meriwayatkannya dalam kitab Hilyatul Auliya', jilid 3, Hal. 297. serta mengeluarkan riwayat serupa pula dalam kitabnya  Imam Ibnu Abi Syaibah pada nomor urut ke 36609 . واخرج ابو نعيم عن عطاء الخراساني قال : ما من عبد يسجد لله سجدة في بقعة من بقاع الارض الا شهدت له يوم القيامة، وبكت عليه يوم يموت. حلية الاولياء ( ٥ / ١٩٧ ) Dan Imam Abu Nu'aim Al-Ashbahaniy mengeluarkan riwayat pula pada kit

JUMLAH KARANGAN IMAM IBNU ABI DUNYA

Image
Syaikh Abdul Fattah Abu Ghuddah, dalam kitabnya yang berjudul " Qimatuz zamaan 'indal Ulamaa' ", Hal. 87. Menuturkan tentang jumlah kitab karya daripada Imam Ibnu Abi Dunya, Imam Ibnu Asakir, dan Imam Ibnu Syahin Al-Andalusy, sebagai berikut.. كثيرة تآليف ابن ابي دنيا وابن عساكر وابن شاهين. وترك ابن ابي دنيا الف تأليف، وابن عساكر الف تاريخه في ثمانين مجلدا، وقال السيوطي ؛ منتهى التصانيف في الكثرة ابن شاهين، صنف ثلاث مئة وثلاثين مصنفا، منها التفسير في الف جزء، والمسند خمسة عشر مئة— اى الف خمس مئة جزء— قال السيوطي : وهذا من بركات طي الزمان والمكان، من ورثة الاسراء وليلة القدر. نقله في المنح البادية.. " Imam Ibnu Abi Dunya ketika wafat mewariskan 1000 karangan kitab. Imam Ibnu 'Asakir mengarang kitab At-Tarikh dalam jumlah 80 jilid. Imam As-Suyuthi berpendapat, bahwa Imam Ibnu Syahin Al Andalusy ( Spanyol ) adalah Ulama yang mempunyai karangan terbanyak, karangan beliau ( Ibnu Syahin ) tidak kurang dari 330 kitab yang diantaranya berupa Tafsir sebanyak 1000 juz

KHUTBAH HADRATUSSYAIKH MUHAMMAD HASYIM ASY'ARI

Image
Khutbah Hadratusy Syeikh KH Hasyim Asyari Pengantar Majalah Swara Nahdlatoel ‘Oelama Wilangan 8. Sya’ban 1347 H (1929 M) ﺍﻟﺤﻤﺪ ﻟﻠﻪ ﺭﺏ ﺍﻟﻌﺎﻟﻤﻴﻦ ﻭﺍﻟﺼﻼﺓ ﻭﺍﻟﺴﻼﻡ ﻋﻠﻰ ﺍﺷﺮﻑ ﺍﻟﻤﺮﺳﻠﻴﻦ ﺳﻴﺪﻧﺎ ﻣﺤﻤﺪ ﻭﻋﻠﻰ ﺍﻟﻪ ﻭﺻﺤﺒﻪ ﺍﺟﻤﻌﻴﻦ. ﺍﻣﺎ ﺑﻌﺪ ﻓﻬﺬﺍ ﺍﻟﺘﻨﺒﻴﻪ ﺍﻟﻮﺍﺟﺐ ﻟﻌﻮﺍﻡ ﺍﻟﻤﺴﻠﻤﻴﻦ . ﺇﺧﻮﺍﻧﻰ ! ﺍﻧﻪ ﺍﻷﻥ ﻗﺪ ﻋﻤﺖ ﺍﻟﺒﻠﻮﻯ ﺑﺎﻟﻤﺨﻠﻄﻴﻦ ﺍﻟﺬﻳﻦ ﻳﺘﺸﺒﻬﻮﻥ ﺑﺎﻟﻤﺸﺎﻳﺦ ﺍﻫﻞ ﺍﻟﺤﻖ ﻭﺍﻟﺼﺪﻕ ﻓﻜﺜﺮﺕ ﺑﻬﻢ ﺍﻟﻤﻔﺎﺳﺪ ﺣﺘﻰ ﺗﺰﻝ ﺑﻬﻢ ﻣﻌﺘﻘﺪ ﺑﻌﺾ ﺍﻟﻌﻮﺍﻡ ﻭﺗﺒﻌﻬﻢ ﺯﻣﺮ ﻛﺜﻴﺮﺓ ﻣﻦ ﻋﻮﺍﻡ ﺍﻟﻤﺴﻠﻤﻴﻦ ﺑﻮﺍﺳﻄﺔ ﻋﻤﻮﻡ ﺍﻟﺠﻬﺎﻟﺔ ﻭﻋﺪﻡ ﺍﻟﻤﺴﺎﻋﺪ ﻋﻠﻰ ﺍﺣﻘﺎﻕ ﺍﻟﺤﻖ ﻭﺍﺑﻄﺎﻝ ﺍﻟﺒﺎﻃﻞ ﻓﻴﻠﺰﻡ ﻋﻠﻴﻨﺎ ﻣﻌﺸﺮ ﺍﻟﻌﻠﻤﺎﺀ ﺍﻟﺬﻳﻦ ﻫﻢ ﻗﺪﻭﺓ ﺍﻟﻤﺴﻠﻤﻴﻦ ﺍﻥ ﻧﺒﻴﻦ ﺍﻟﺸﻴﺦ ﺍﻟﺤﻖ ﻣﻦ ﺍﻟﺸﻴﺦ ﺍﻟﺒﺎﻃﻞ ﻛﻤﺎ ﻗﺎﻝ ﺗﻌﺎﻟﻰ ﻟﻴﺤﻖ ﺍﻟﺤﻖ ﻭﻳﺒﻄﻞ ﺍﻟﺒﺎﻃﻞ ﻭﻟﻮ ﻛﺮﻩ ﺍﻟﻤﺠﺮﻣﻮﻥ . ﻓﻨﻘﻮﻝ ﻭﺑﺎﻟﻠﻪ ﺍﻟﺘﻮﻓﻴﻖ ﻭﻫﻮ ﺍﻟﻤﺴﺘﻌﺎﻥ , ﻳﺠﺐ ﻋﻠﻰ ﻛﻞ ﻣﺴﻠﻢ ﻳﺮﻳﺪ ﺳﻼﻣﺔ ﻧﻔﺴﻪ ﻣﻦ ﺍﻟﻨﺪﺍﻣﺔ ﻓﻰ ﺍﻟﺪﻧﻴﺎ ﻭﺍﻻﺧﺮﺓ ﺍﻥ ﻻ ﻳﺘﺨﺬ ﺷﻴﺨﺎ ﺍﻻ ﻣﻦ ﺍﺟﺘﻤﻊ ﻓﻴﻪ ﺧﺼﺎﻝ . ﺍﻻﻭﻟﻰ ﺍﻥ ﻳﻜﻮﻥ ﻋﺎﻟﻤﺎ ﺑﻤﺎ ﻳﺠﺐ ﻓﻰ ﺣﻖ ﺍﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ ﻭﺣﻖ ﺭﺳﻠﻪ ﻋﻠﻴﻬﻢ ﺍﻟﺼﻼﺓ ﻭﺍﻟﺴﻼﻡ ﻭﻣﺎ ﻳﺴﺘﺤﻴﻞ ﻋﻠﻴﻬﻤﺎ ﻭﻣﺎ ﻳﺠﻮﺯ ﻟﻬﻤﺎ ﻣﻦ ﺍﻟﻌﻘﺎﺋﺪ ﺑﺎﻟﺒﺮﺍﻫﻦ ﺍﻟﻌﻘﻠﻴﺔ ﻭﺍﻟﺴﻤﻌﻴﺔ ﺣﺘﻰ ﻳﻘﻮﻯ ﺑﺬﻟﻚ ﻋﻠﻰ ﺍﺯﺍﻟﺔ ﺍﻟﺘﺸﻮﻳﺶ ﻭﺍﻟﺸﻜﻮﻙ ﻣﻦ ﺍﻟﻤﺮﻳﺪ ﺍﺫﺍ ﻋﺮﺽ ﻟﻪ ﺫﻟﻚ . ﺍﻟﺜﺎﻧﻴﺔ ﺍﻥ ﻳﻜﻮﻥ ﻣﻌﺘﻘﺪﻩ ﻣﻌﺘﻘﺪ ﺍﻫﻞ ﺍﻟﺤﻖ ﻭﺟﻤﺎ

3854. JARAK MENCARI AIR DALAM TAYAMUM

PERTANYAAN : Assalamualaikun, salah satu sebab tayammum adalah " faqdul maa-i " dengan syarat kita sudah mencarinya.! pertanyaannya : Seberapa jauh Kira harus mencarinya.? mohon penjelasannya yai, nyai, ustadz, ustadzah !! [ Abdusysyakur ]. JAWABAN : Saat tak ada air, seberapa jauh kita harus mencari air, agar boleh tayamum ? 1. cari di sekitar rumah. 2. cari 150 meter dari rumah. 3. cari di 4,5 km dari rumah. Nomor 3 tak wajib nyari air sampai ke sana kecuali dia yakin adanya air di sana. Wallohu a'lam.[ Muhib Salaf Soleh ]. التقريرات السديدة ص ١٤٦. ثم البحث في حد الغوث يجب إذا لم يتيقن الفقد بأن تيقن الماء أو توهمه مسافته ٣٠٠ ذراع ١٥٠ مترا تقريبا  ثم البحث في حد القرب يجب إذا تيقن الفقد مسافته ٩٠٠٠ ذراع أي ميل و نصف تقريبا ٤,٥ كيلو مترا تقريبا . و الله أعلم LINK DISKUSI: www.fb.com/groups/piss.ktb/928048353884640/ www.fb.com/notes/928150170541125