Posts

Showing posts from October 1, 2017

Ghayatul Wushul (Terjemahan dan Penjelasannya), Masalik ‘Illat, al-Sabr wal- Taqsim Hal. 121-122

(فإن أبدى المعترض) على الحصر الظني (وصفا زائدا) على الأوصاف (لم يكلف ببيان صلاحيته للتعليل) لأن بطلان الحصر بإبدائه كاف في الاعتراض فعلى المستدل دفعه بإبطال التعليل به. (ولا ينقطع المستدل) بإبدائه (حتى يعجز عن إبطاله في الأصح) لأنه لم يدّع القطع في الحصر فغاية إبداء الوصف منع المقدمة من الدليل والمستدل لا ينقطع بالمنع لكن يلزمه دفعه ليتم دليله فيلزمه إبطال الوصف المبدى عن أن يكون علة، فإن عجز عن إبطاله انقطع، وقيل ينقطع بإبدائه لأنه ادعى حصرا، وقد أظهر المعترض بطلانه. قلنا لا يظهر إلا بالعجز عن دفعه وذكر الخلاف من زيادتي. Maka seandainya yang mengkritisi atas pembatasan yang dhanni memunculkan washaf tambahan(1) dari washaf yang ada, maka tidak ditaklifkan atasnya untuk menjelaskan kepatutan washaf tambahan itu untuk ta’lil. Karena batal pembatasan dengan sebab memunculkan washaf tambahan sudah memadai dalam kritikannya. Berdasarkan ini, wajib atas orang yang beristidlal menolak kritikan dengan membatalkan ta’lil dengan washaf tambahan. Orang yang beristidlal tidak terpotong (2) dengan

5262. BAROMETER TOLAK UKUR MENJIJIKAN YANG MENYEBABKAN KEHARAMAN

PERTANYAAN : Assalamua'laikum. Nanya lagi tapi agak jorok. Pernah saya baca jika air mani itu haram ditelan (dimakan) sebab menjijikan. Nah, penentuan menjijikan itu yang bagaimana? Sebab sesuatu yang menjijikan pada satu daerah belum tentu menjijikan pada daerah lain. Jika pada satu daerah air mani tidak dianggap menjijikan bolehkah untuk menelannya ? Salam jomblo. [ Anwar Ginting ]. JAWABAN : Wa'alaikumussalam. Barometer yang bisa menjadi tolak ukur kehalalan / keharaman sesuatu yang tidak ada nash khusus keharaman / kehalalannya itu ada 5 : 1. Orang Arab 2. Berada di Arab 3. Bertempat di perkotaan (bukan primitif) 4. Orang kaya raya yang berkecukupan 5. Berada pada masa kelonggaran / gemah ripah loh jinawi (bukan musim paceklik / serba darurat ). Jadi jika mani sudah dianggap menjijikkan untuk ditelan menurut kaum yang memenuhi 5 kriteria di atas, maka hukum menelannya juga HARAM walaupun benda suci, karena termasuk menjijikkan. Wallohu a'lam. [ Ahmada