Posts

Showing posts from May 7, 2015

4261. KRITERIA HALAL HARAM HEWAN AIR

PERTANYAAN : Assalamualaikum sedulur kabeh. Saya penduduk pesisir laut dengan aneka ragam ikan yang dihasilkan dari laut. Waktu di Madrasah dulu saya pernah di ajarkan hewan yang dilarang dimakan, di antaranya karena hidup di dua alam (darat dan air), masyarakat mencontohkannya Kepiting/Krustasea (yuyu, wideng, kepiting, dll. kalau Rajungan boleh karena hidupnya hanya di air). Ketika SMP diajarkan tentang alat pernapasan makhluk hidup. Kebanyakan makhluk hidup bernapas dengan Paru-paru (manusia/mamalia) dan Insang (ikan). Pertanyaanya, seperti apakah/kriteria hewan dua alam yang dilarang dikonsumsi? Karena Manusia bernapas dengan paru-paru dan hidupnya di darat juga bisa hidup didalam air walau hanya beberapa menit. Sepeti halnya Paus dan Lumba-lumba (ilmuan mengkategorikan mamalia bukan ikan karena menyusui) yang hidupnya di air dan ketika didaratpun bisa hidup karena pernapasannya dengan paru-paru. Begitupun Ikan Lele dan Gabus yang bernapas dengan insang namun punya al

4260. LAIN LAIN : PENGERTIAN ILMU HIKMAH

PERTANYAAN : Rayhana Syifaa Assalamu alaikum,, Para yai ,mw tanya apa pengertian ilmu hikmah itu? Apakah nabi muhammad mengajarkan ilmu hikmah juga pd sahabat...? JAWABAN : > Af-idahtus Sholihah wa'alaykumussalaam...wr.w bsaya temukan keterangan ini: Kata HIKMH di dalam ayat ayat yg tlah kita baca kbanyakan di athofkan (sambungkan) kpd lafadz KITAB.dgn huruf wawu yg menurut pakar nahwu mempunyai ma,na LIL JAM'IL MUTHLAQI. (Untuk berbarengan scara muthlaq) ialah menunjukan,bahwasanya hikmah pd haqiqatnya adalah KITAB. Artinya tdk ada orang ahli di bidang hikmah yg tdk berdasarkan paham kitab,ya'ni, apabila seseorang paham hikmah,maka ia pasti paham kitab yg di turunkan oleh Allah kpd rosulnya.dan untuk umat islam, kitab tersebut adalah Al Qur'an.jadi konklusinya, "YG DI SEBUT HIKMAH, adalah MENGIMPLEMENTASIKAN AJARAN AL QUR'AN. Demikian definisi hikmah menurut penulis,dan menurut pendapat pendapat yg lain ,silahkan anda ikuti definisi definisi beri

TALQIN DAN VARIASI REDAKSINYA

Image
BACAAN TALQIN DAN VARIASI REDAKSINYA بسم الله الرحمن الرحيم Talqin adalah sebuah doa sebagai bimbingan bagi orang yang akan meninggal maupun bagi jenazah yang telah dikebumikan. Bacaan talqin ini merupakan bagian dari ajaran-ajaran Dienul Islam yang bersumber dari hadist-hadist Nabi Muhammad SAW, dan biasanya dibaca ketika prosesi pemakaman jenazah selesai dikebumikan, dimana para pengiring jenazah berdiam sejenak mendengarkan salah seorang ( modin ) membacakan doa yang dikhususkan bagi jenazah tersebut sebagai paripurnanya acara prossesi pemakaman. Ada beberapa hadist Nabi SAW yang menganjurkan pembacaan doa talqin jenazah ini, diantaranya adalah ; (1). Hadist yang diriwayatkan oleh Al-Hakim dari sahabat Utsman r.a : كان النبي صلى الله عليه وسلم اذا فرغ من دفن الميت وقف عليه، فقال : استغفروا لأخيكم واسئلوا له التثبيت فإنه الآن يسأل . ( رواه الحاكم ) " Bahwa Nabi SAW apabila selesai menguburkan mayat, beliau berdiri dan berkata ; " Mintakanlah ampun saudaramu dan mintakanlah

FATWA IMAM AS-SUYUTHI

Image
FATWA IMAM AS-SUYUTHI TENTANG AYAT 84 DARI SUROH AT-TAUBAH Alloh SWT berfirman dalam Suroh Baro'ah / At-Taubah ayat 84, yang berbunyi : (وَلَا تُصَلِّ عَلَىٰ أَحَدٍ مِنْهُمْ مَاتَ أَبَدًا وَلَا تَقُمْ عَلَىٰ قَبْرِهِ ۖ إِنَّهُمْ كَفَرُوا بِاللَّهِ وَرَسُولِهِ وَمَاتُوا وَهُمْ فَاسِقُونَ) [Surat At-Tawba : 84] " Dan janganlah kamu sekali-kali menyembahyangkan (jenazah) seorang yang mati di antara mereka, dan janganlah kamu berdiri (mendoakan) di kuburnya. Sesungguhnya mereka telah kafir kepada Allah dan Rasul-Nya dan mereka mati dalam keadaan fasik ". Berkaitan dengan pengertian ayat diatas, Al-Imam al-Hafidz Jalaluddin Abdurrohman bin Abu Bakar As-Suyuthi dalam Kitabnya Al-Hawy lil Fatawiy, Jilid 1, Hal. 365, beliau ditanya akan pengertian lafadz " al-qiyaamu " pada teks ayat, "......walaa taqum 'alaa qobrihi...", Bab " Al-Fatawy Al-Quraniyyah " tentang Suroh Baro'ah, sebagaimana saya tulis salinannya berikut dibawah ini : مسألة : في

4259. KAJIAN TAFSIR : SURAT ALI IMRAN AYAT 14

PERTANYAAN : Annas Annas assalamua'laykum. sm0ga smuanya slalu ada dlam fad0l allah. . .amiin mh0n bntuanya,tentang tafsiran aya "zuyyina linnasi hubbus shyahawati . . . . dstrusnya. terimakasihsmga allah memberi panjang umur kpda semua yg ada di piss ktb,dan slalu ditambh bar0kahnya. amiin ya allah. JAWABAN : > Muhib Salaf Soleh Wa alaikumus salaam زُيِّنَ لِلنَّاسِ حُبُّ الشَّهَوَاتِ مِنَ النِّسَاءِ وَالْبَنِينَ وَالْقَنَاطِيرِ الْمُقَنْطَرَةِ مِنَ الذَّهَبِ وَالْفِضَّةِ وَالْخَيْلِ الْمُسَوَّمَةِ وَالْأَنْعَامِ وَالْحَرْثِ ۗ ذَٰلِكَ مَتَاعُ الْحَيَاةِ الدُّنْيَا ۖ وَاللَّهُ عِنْدَهُ حُسْنُ الْمَآبِ Dijadikan indah pada (pandangan) manusia kecintaan kepada apa-apa yang diingini, yaitu: wanita-wanita, anak-anak, harta yang banyak dari jenis emas, perak, kuda pilihan, binatang-binatang ternak dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia, dan di sisi Allah-lah tempat kembali yang baik (surga). Surah Ali 'Imran (3:14) allah mendahulukan wanita atas yg lain

4258. KUFUR JIKA MENGAKUI ADA NABI SETELAH NABI MUHAMMAD SAW

PERTANYAAN : Assalamu 'alaikum, ada soal titipan : masalah aqidah orang yang mengakui bahwa ada nabi sesudah nabi saw,  itu termasuk syirik bukan? dan tergolong orang apa? nuwun. [ Rizal Fahmy ]. JAWABAN : Jika dia tidak percaya bahwa Nabi Muhammad adalah Nabi terakhir, maka hukumnya kafir dan harus bertaubat.  Itu perkara yang harusnya otomatis diketahui seluruh umat islam ( ma'lum minad diin bid-dharuurah ) yang seharusnya wajib diketahui oleh orang Islam bahwa tidak ada nabi setelah Nabi Muhammad Saw. Lihat QS. Al-Ahzab ayat 40 : مَا كَانَ مُحَمَّدٌ أَبَا أَحَدٍ مِنْ رِجَالِكُمْ وَلَكِنْ رَسُولَ اللَّهِ وَخَاتَمَ النَّبِيِّينَ وَكَانَ اللَّهُ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيماً Juga Hadits : Sabda Nabi Saw "Laa Nabiyya Ba'dii" : كَانَتْ بَنُو إِسْرَائِيلَ تَسُوسُهُمُ الْأَنْبِيَاءُ، كُلَّمَا هَلَكَ نَبِيٌّ خَلَفَهُ نَبِيٌّ، وَإِنَّهُ لَا نَبِيَّ بَعْدِي، وَسَتَكُونُ خُلَفَاءُ فَتَكْثُرُ Orang yang mengingkari bahwa Muhammad shollallohu alaihi wasallam ad

4257. FIQIH SHOLAT : MENGERASKAN BACAAN DAN MENJAWAB SALAM SAAT SHOLAT

PERTANYAAN : Shofy El-Fatth Assalamu alaikum wr wb. Mohon Maaf numpang tanya ustd... Ada orang sholat dhuhur di rumah, di tengah2 sholat datanglah tamu mengetuk pintu dan mengucapkan salam. Kemudian orang yang sholat ini mengeraskan bacaan sholatnya untuk memberi tahu tamu yang datang tersebut. Pertanyaannya: 1. bagaimana hukum mengeraskan suara tersebut..? 2. Apakah orang yang sholat wajib menjawab salam di tengah_tengah sholatnya...? Matur suwun tank you syukron terimakasih...Wassalamu alaikum wr wb. JAWABAN : > Mas Hamzah wa alaikumus salaam  *no 1. mungkin ta'bir yg ini rada nyrempet - kitab iqna' (1/149) وَلَو نطق بنظم الْقُرْآن بِقصد التفهيم ك {يَا يحيى خُذ الْكتاب} فهما بِهِ من اسْتَأْذن أَنه يَأْخُذ شَيْئا إِن قصد مَعَ التفهيم قِرَاءَة لم تبطل وَإِلَّا بطلت jika musholli mengucapkan dengan runtutan al qur'an dengan tujuan MEMBERI PEMAHAMAN misalnya membaca surat maryam ayat 12 :" Wahai Yahya! ambillah kitab ."memberikan pemahaman kepada orang

4256. JIKA IMAM TIDAK DUDUK ISTIROHAT

PERTANYAAN : Assalamualaikum, mau tanya poro yai, imam tidak duduk istirohat dalam sholat. Apakah bagi ma'mum masih disunnahkan untuk duduk istirohat, syukron. Wassalam. [ Syarif Maulanakadmana ]. JAWABAN : Wa alaikumus salaam, jika imam tidak duduk istirohat maka makmum masih sunnah duduk istirohat, walaupun menyelisihi imam dalam hal ini nggak masalah karena bukan termasuk berbeda yang keterlaluan (mukholafah fahisyah). Wallohu a'lam bis showab. ( Mas Hamzah ). - kitab tuhfah (2/368) : ثم رأيته في المجموع صرح بذلك وعبارته وإن لم يكن في اشتغال المأموم بها تخلف فاحش بأن ترك الإمام جلسة الاستراحة أتى بها المأموم . قال أصحابنا ؛ لأن المخالفة فيها يسيرة - kitab majmu' (4/135) : وإن ترك الإمام سجود السهو أو التسليمة الثانية أتى به المأموم ; لأنه يفعله بعد انقضاء القدوة فإن لم يكن في اشتغال المأموم بها تخلف فاحش بأن ترك الإمام جلسة الاستراحة أتى بها المأموم ، قال أصحابنا : لأن المخالفة فيها يسيرة ، LINK ASAL : www.fb.com/groups/piss.ktb/953097141379761/ www.fb.c