Posts

Showing posts from April 7, 2015

SEPUTAR HUKUM-HUKUM BERKAITAN DENGAN MASALAH KE-QUR'AN AN

Image
BEBERAPA KAJIAN HUKUM-HUKUM SEPUTAR MASAIL QUR'AN —————————— (1). DASAR SEBUTAN AL HAFIDZ ATAU AL-HAMIL BAGI PENGHAFAL AL-QUR'AN Sebutan Al Hafidz dengan Al Hamil, bagi penghafal Quran adalah sama saja, sama baiknya dan sama benarnya. Hanya saja dalam konteks sekarang lebih tepatnya dengan sebutan Al Hafidz. ta'bir kitab : ١. المعجم الوسيط، الجزء الاول، ص ١٨٥. الحافظ : من يحفظ القرآن الكريم او من يحفظ عددا عظيما من الحديث. 1. Kitab Al Mu'jamul Wasith, juz 1, Hal. 185. Al Hafidz : yaitu orang yang menjaga / menghafal Al Quran Al Kariim, atau orang yang menghafal dalam jumlah besar dari Hadist Nabi SAW. ٢. مختار الصحاح، ص ١٥٦. قلت وكذا ذكر ثقلت في الفصيح و ( الحملة ) بفتحتين جمع حامل يقال هم حملة العرش وحملة القرآن. 2. Kitab Mukhtarus Shohah, Hal. 156. Aku berkata " seperti halnya  pentingnya kefasihan didalam membaca Al Quran. dan lafadz " Al Hamalah " bentuk jamak dari lafadz " Haamil ". Dikatakan ; mereka yang memikul Arsy dan Al Quran. ٣. المع

PENGERTIAN ISTIQOMAH

Image
PENGERTIAN ISTIQOMAH BESERTA TANDA-TANDANYA DALAM PANDANGAN  SAHABAT DAN ULAMA. بسم الله الرحمن الرحيم (فَاسْتَقِمْ كَمَا أُمِرْتَ وَمَنْ تَابَ مَعَكَ وَلَا تَطْغَوْا ۚ إِنَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ بَصِيرٌ) [Surat Hud : 112] " Maka tetaplah kamu pada jalan yang benar, sebagaimana diperintahkan kepadamu dan (juga) orang yang telah taubat beserta kamu dan janganlah kamu melampaui batas. Sesungguhnya Dia Maha Melihat apa yang kamu kerjakan ". ——— *Keterangan dari pembahasan ini saya sadur dari kitab "  الدرة النفيسة من شروح الحكم العطائية لقصد محبة الله  "  ( Ad-Durrotun Nafisah min Syuruuhil Hikam Al-'Athoiyyah li Qoshdi Mahabbatillah, Jilid 1, Hal. 56-70. Buah karya dari Syaikhi Al Mursyid Al-'Arifubillah KH. Muhammad Djamaluddin Ahmad- Pon-Pes Bumi Damai Al-Muhibbin, TambakBeras-Jombang ) dengan sedikit saya rubah sistematikanya agar mudah difahami dari setiap maqolah ; بسم الله الرحمن الرحيم Alloh SWT berfirman ; (إِنَّ الَّذِينَ قَالُوا رَبُّنَا اللَّهُ ثُمَّ