Posts

Showing posts from March 7, 2015

3862. HUKUM MENCIUM BATU NISAN

PERTANYAAN : Assalamu'alaikum, saya mau tanya wahai para tuan Guru, bagaimana hukum mencium tirai atau maqom auliyaillah atau batu nisan boleh, sunnah atau makruh ? minta petromaknya. [ Adot Kedai Runtah ]. JAWABAN : Wa'alaikum salam wr.wb. Hukum menyentuh, mengusap dan mencium kuburan ditafsil sbb : 1. jika bertujuan ta'dzim / penghormatan maka hukumnya bid'ah makruhah qobihah 2. jika bertujuan tabarruk / mengambil berkah dari kuburan para wali misalnya, maka makruhnya hilang. Anjuran, bagi orang yang menjadi panutan sebaiknya tidak mencium kuburan di hadapan orang-orang awam yang tidak bisa membedakan antara mencium kuburan dengan tujuan ta'dzim dan tabarruk. Jawaban boleh adalah berdasarkan Fatwa Imam Ahmad RA : سألته عن الرجل يمس منبر النبي صلى الله عليه و سلم ويتبرك بمسه ويقبله ويفعل بالقبرمثل ذلك أو نحو هذا يريد بذلك التقرب إلى الله جل وعز فقال لا بأس بذلك Imam Ahmad bin Hanbal membolehkan bertabaruk dengan cara mengusap dan mencium mimbar dan

3861. PERIHAL BADAL UMROH

PERTANYAAN : Assalamualaykum wr.wb, mohon pencerahannya para ust/ustdzayat atau hadits tentang badal umroh, terima kasih. [ Denhy Arsal Syahid ]. JAWABAN : Waalaikum Salam Wr Wb. Umroh sama dengan hal-nya ibadah Haji, boleh orang lain mengerjakannya (Badal Umroh). 1. Menurut imam Syafi’i Badal umroh (Menggantikan ibadah umroh) boleh apabila orang yang badalin itu sudah meninggal atau sudah tua / lemah dan tidak mampu lagi untuk umroh sendiri. Diperbolehkan untuk badal Umroh. 2. Menurut Imam Hanabilah tidak boleh badal umroh bagi orang hidup tanpa izin yang dibadalin. Baik fardhu ataupun sunnah adapaun Badal umroh untuk orang meninggal boleh miskipun tanpa izin. Wallohu a'lam. ( Wong Gendeng, Mas Hamzah, Ghufron Bkl ). Referensi : الموسوعة الفقهية الكويتيةذَهَبَ الْفُقَهَاءُ فِي الْجُمْلَةِ إلَى أَنَّهُ يَجُوزُ أَدَاءُ الْعُمْرَةِ عَنْ الْغَيْرِ؛ لِأَنَّ الْعُمْرَةَ كَالْحَجِّ تَجُوزُ النِّيَابَةُ فِيهَا؛ لِأَنَّ كُلًّا مِنْ الْحَجِّ وَالْعُمْرَةِ عِبَادَةٌ بَدَنِيّ

SEJARAH " USTADZ ", ANTARA GELAR DAN OTORITAS KEILMUAN

Image
SEJARAH USTADZ: ISTILAH “USTADZ” BERASAL DARI IRAN (PERSIA) Ustadz (bahasa Arab jamak , asatidz) adalah istilah yang sangat sering dipakai di Indonesia untuk panggilan kalangan orang yang dianggap pintar dan ahli di bidang ilmu agama. Ustadz sejajar dengan istilah buya, kyai, da’i, mubaligh. Di sebagian pesantren, pengasuh/pimpinan pesantren disebut Ustadz. Di sebagian pesantren yang lain, ustadz statusnya di bawah kyai. PENGERTIAN DAN DEFINISI USTADZ Sebenarnya, kata ustadz bukan asli bahasa Arab. Ia adalah kata ajami (non-Arab) persisnya bahasa Persia (Iran) yang kemudian dijadikan bahasa Arab (muarrob).[1] Asal kata dari ustadz (ﺃُﺳﺘﺎﺫ ) adalah ustad. Dalam kamus Arab-Arab Al-Mu’jamul Wasith (ﺍﻟﻤﻌﺠﻢ ﺍﻟﻮﺳﻴﻂ) kata ustadz memiliki beberapa makna sebagai berikut: ﺍﻷُﺳﺘﺎﺫ – ﺃُﺳﺘﺎﺫ : ﺍﻷُﺳﺘﺎﺫ : ﺍﻟﻤﻌﻠِّﻢ . ﻭ ﺍﻷُﺳﺘﺎﺫ ﺍﻟﻤﺎﻫﺮ ﻓﻲ ﺍﻟﺼﻨﺎﻋﺔ ﻳُﻌﻠِّﻤﻬﺎ ﻏﻴﺮَﻩ . ﻭ ﺍﻷُﺳﺘﺎﺫ ﻟﻘﺐ ﻋﻠﻤﻲ ﻋﺎﻝٍ ﻓﻲ ﺍﻟﺠﺎﻣﻌﺔ . ﻭﺍﻟﺠﻤﻊ : ﺃَﺳﺎﺗﺬﺓ ، ﻭﺃَﺳﺎﺗﻴﺬ 1. pengajar 2. orang yang ahli dalam suatu bidang industri dan mengajarkan p

3860. HUKUM WAKIL-MEWAKILKAN AKAD NIKAH

PERTANYAAN : Assalaamu'alaikum. Mohon pencerahan. Saya pernah mendengar seorang penghulu KUA bahwa : tidak boleh menyerahkan/mewakilkan kewalian yang telah diwakilkan. Contoh : seorang bapak mewakilkan kepada anaknya (yang laki-laki) atau kepada orang lain untuk menikahkan putrinya. Lalu orang yang mewakili tersebut mewakilkan lagi kepada orang lain. Ini tidak diperbolehkan. Apakah betul demikian ?. Matur nuwun. [ Cikong Mesigit ]. JAWABAN : Wa'alaikum salam wr.wb. Seorang wakil tidak boleh mewakilkan lagi kepada orang lain, kecuali jika orang yang mewakilkan awal meridhoinya. Lihat kitab al umm (7/125) : ( قال الشافعي ) رحمه الله تعالى : وإذا وكل الرجل الرجل بوكالة فليس للوكيل أن يوكل غيره مرض الوكيل ، أو أراد الغيبة ، أو لم يردها ; لأن الموكل له رضي بوكالته ولم يرض بوكالة غيره فإن قال وله أن يوكل من رأى كان ذلك له برضا الموكل . - I'anatut Tholibin : إعانة الطالبين على حل ألفاظ فتح المعين • الموقع الرسمي للمكتبة الشاملة : (ولا) له (توكيل بلا إذن) من الموكل

AHLUL QUR'AN ADALAH KELUARGA ALLOH

Image
AHLUL QUR'AN adalah AHLULLOH. Sebagaimana Hadist yang diriwayatkan Imam An-Nasai dalam kitabnya " Fadhoilul Qur'an ", Hal. 98 -99 ; اخبرنا عبيد الله ابن سعيد عن عبد الرحمن قال : حدثني عبد الرحمن بن بديل ميسرة عن ابيه عن انس ابن مالك قال : قال رسول الله صلي الله عليه وسلم : ان لله اهلين من خلقه، قالوا : ومن هم يا رسول الله ؟ قال : اهل القرآن هم اهل الله وخاصته. اسناده حسن فرجاله كلهم ثقات سوي عبد الرحمن بن بديل، قال عنه الحافظ لا بأس به انظر التقريب ١/٤٧٣ ووثقه الطيالسي وقد صحح هذا الحديث المنذري في الترغيب والترهيب انظر ٢/٣٥٤، والبوصيرى في مصباح الزجاجة بزوائد ابن ماجه ورقة ١٤. وقد اخرجه احمد في مسنده ٣/١٢٧ ،١٢٨، ٢٤٢ ، والحاكم في المستدرك ١/٥٥٦، وابن ماجه في سننه رقم ٢١٥، وابو داوود الطيالسي ذكره البوصيرى والدارمي في سننه رقم ٣٣٢٩، والبزار في مسنده ذكره القرطبي في تفسيره ١/١. " Telah memberitahukan kepada kami 'Ubaidulloh ibn Sa'id dari 'Abdur Rohman, yang berkata : Abdur Rohman ibn Bidyl bercerita kepadaku dari ayahnya dari Anas ibn Malik, berkata An

IMAM AN-NAWAWI RELA MEMBUJANG AGAR WAKTU BELAJARNYA TIDAK SIA-SIA

Image
DEMI AGAR WAKTU BELAJARNYA TIDAK SIA-SIA, IMAM AN - NAWAWY RELA MEMBUJANG SEUMUR HIDUPNYA. Didalam Kitab " Qimatuz zaman 'indal Ulama' "nya Syaikh Fattah Abu Ghuddah, Hal. 72. sebagai berikut ; النووي كان لا يأكل الا اكلة واحدة في اليوم والليلة. قال ابو الحسن ابن العطار، ذكر لي شيخنا رحمه الله تعالي انه كان لا يضيع له وقتا، لا في ليل ولا في نهار الا في الاشتغال بالعلم حتى في الطريق يكرر او يطالع، وانه دام علي هذا ست سنين، ثم اخذ في التصنيف والافادة والنصيحة وقول الحق، ويشرب شربة واحدة عند السحر، ويمتنع من اكل الفواكه والخيار، ويقول : اخاف ان يرطب جسمي ويجلب لي النوم، ولم يتزوج. " Abul Hasan al Atthor berkata ; " Guruku ( Imam An-Nawawi Asy-Syafi'iy ) pernah menuturkan kepadaku, bahwa beliau tidak pernah menyia-nyiakan waktunya sesaat pun, waktunya senantiasa habis untuk menuntut ilmu, bahkan dijalan pun beliau selalu mutholaah kitab atau mengulang-ulang pelajaran/ hafalannya dan hal ini berlangsung selama 6 tahun. Beliau juga mengarang, mengajar, memberi

KESERIUSAN PARA ULAMA' SALAF DALAM BELAJAR

Image
KESERIUSAN IMAM AL-JAHIDZH, AL-FATH DAN IMAM ISMA'IL AL-QODHI DALAM MENUNTUT ILMU وروي الخطيب البغدادي في كتابه " تقييد العلم " ص. ١٣٩ : عن ابي العباس المبرد، قال : ما رايت احرص علي العلم من ثلاث : الجاحظ— عمرو بن بحر إمام اهل الادب، ولد سنة ١٦٣، ومات سنة ٢٥٥ —، والفتح بن خاقان — الاديب الشاعر احد الاذكياء، من ابناء الملوك، اتخذه الخليفة المتوكل العباشي وزيرا له واخا، واجتمعت له خزانة كتب حافلة من اعظم الخزائن، توفي سنة ٢٤٧—، واسماعيل بن اسحاق القاضي— امام الفقيه المالكي البغدادي، ولد سنة ٢٠٠، ومات سنة ٢٨٢—. فاما الجاحظ فانه كان اذا وقع بيده كتاب قرأه من اوله الى اخره، اي كتاب كان، حتي انه كان يكتري دكاكين الوراقين ويبيت فيها للنظر في الكتاب. واما الفتح بن خاقان فانه كان يحمل الكتاب في كمه او في خفه، فاذا قام من بين يدي المتوكل للبول او الصلاة، اخرج الكتاب فنظر فيه وهو يمشي، حتي يبلغ الموضع الذي يريده، ثم يصنع مثل ذلك في رجوعه، الي ان يأخذ مجلسه. فاذا اراد المتوكل القيام لحاجة، اخرج الكتاب من كمه او خفه، وقرأه في مجلس المتوكل الي حين عوده. واما اسماعيل بن اسحاق القاضي، ف

SEBUAH ANALISA HADIST DALAM KITAB IHYA' ULUMIDDIN, BAG :4

Image
Mengkaji Ulang Tuduhan Hadis Palsu Kitab Ihya’ (Bag Akhir, IV) Mengkaji Ulang Tuduhan Hadis Palsu Kitab Ihya’ (Bag Akhir, IV) (Ibnu Jauzi telah menuduh 30-an hadis dalam kitab Ihya’ sebagai hadis palsu. Namun setelah dikaji ulang berdasarkan penilaian ahli hadis lainnya ternyata banyak mengandung kesalahan) ﺍﻟﺠﺰﺀ ﺍﻟﺮﺍﺑﻊ Hadis XXV No. 3737 Hal. 124 ﺣﺪﻳﺚ " ﻣَﺎ ﻋَﻈُﻤَﺖْ ﻧِﻌْﻤَﺔُ ﺍﻟﻠﻪِ ﻋَﻠَﻰ ﻋَﺒْﺪٍ ﺇِﻟَّﺎ ﻛَﺜُﺮَﺕْ ﺣَﻮَﺍﺋِﺞُ ﺍﻟﻨَّﺎﺱِ ﺇِﻟَﻴْﻪِ ﻓَﻤَﻦْ ﺗَﻬَﺎﻭَﻥَ ﺑِﻬِﻢْ ﻋَﺮَﺽَ ﺗِﻠْﻚَ ﺍﻟﻨِّﻌْﻤَﺔَ ﻟِﻠﺰَّﻭَﺍﻝِ " ** ﺃﺧﺮﺟﻪ ﺍﺑﻦ ﻋﺪﻱ ﻭﺍﺑﻦ ﺣﺒﺎﻥ ﻓﻲ ﺍﻟﻀﻌﻔﺎﺀ ﻣﻦ ﺣﺪﻳﺚ ﻣﻌﺎﺫ ﺑﻦ ﺟﺒﻞ ﺑﻠﻔﻆ " ﺇِﻟَّﺎ ﻋَﻈُﻤَﺖْ ﻣَﺆُﻭْﻧَﺔُ ﺍﻟﻨَّﺎﺱِ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ، ﻓَﻤَﻦْ ﻟَﻢْ ﻳَﺤْﺘَﻤِﻞْ ﺗِﻠْﻚَ ﺍﻟْﻤَﺆُﻭْﻧَﺔَ . . . ﺍﻟﺤﺪﻳﺚ " ﺭﻭﺍﻩ ﺍﺑﻦ ﺣﺒﺎﻥ ﻓﻲ ﺍﻟﻀﻌﻔﺎﺀ ﻣﻦ ﺣﺪﻳﺚ ﺍﺑﻦ ﻋﺒﺎﺱ ﻭﻗﺎﻝ : ﺇﻧﻪ ﻣﻮﺿﻮﻉ ﻋﻠﻰ ﺣﺠﺎﺝ ﺍﻷﻋﻮﺭ . ‘Semakin besar nikmat dari Allah kepada seorang hamba, maka akan semakin banyak kebutuhan orang lain kepadanya. Barangsiapa yang mempermainkan orang-orang (yang membutuhkan tersebut), maka ia telah mempersiapkan lenyapnya nikma

SEBUAH ANALISA HADIST DALAM KITAB IHYA' ULUMIDDIN, BAG :3

Image
Mengkaji Ulang Tuduhan Hadis Palsu Kitab Ihya’ (Bag III) Mengkaji Ulang Tuduhan Hadis Palsu Kitab Ihya’ (Bag III) (Ibnu Jauzi telah menuduh 30-an hadis dalam kitab Ihya’ sebagai hadis palsu. Namun setelah dikaji ulang berdasarkan penilaian ahli hadis lainnya ternyata banyak mengandung kesalahan) ﻓﻰ ﺍﻟﺠﺰﺀ ﺍﻟﺜﺎﻟﺚ Hadis XVII No. 2764 Hal. 80 ﺣَﺪِﻳْﺚُ ﻧَﺎﻓِﻊٍ : ﻋَﻦِ ﺍﺑْﻦِ ﻋُﻤَﺮَ ﺳَﻤِﻌْﺖُ ﺭَﺳُﻮْﻝَ ﺍﻟﻠﻪِ e ﻳَﻘُﻮْﻝُ " ﺃَﻳُّﻤَﺎ ﺍﻣْﺮِﺉٍ ﺍﺷْﺘَﻬَﻰ ﺷَﻬْﻮَﺓً ﻓَﺮَﺩَّ ﺷَﻬْﻮَﺗَﻪُ ﻭَﺁﺛَﺮَ ﺑِﻬَﺎ ﻋَﻠَﻰ ﻧَﻔْﺴِﻪِ ﻏَﻔَﺮَ ﺍﻟﻠﻪُ ﻟَﻪُ " ‏( ﻣﺮﺗﻴﻦ ‏) ** ﺃﺧﺮﺟﻪ ﺃﺑﻮ ﺍﻟﺸﻴﺦ ﺍﺑﻦ ﺣﺒﺎﻥ ﻓﻲ ﻛﺘﺎﺏ ﺍﻟﺜﻮﺍﺏ ﺑﺈﺳﻨﺎﺩ ﺿﻌﻴﻒ ﺟﺪﺍ ﻭﺭﻭﺍﻩ ﺍﺑﻦ ﺍﻟﺠﻮﺯﻱ ﻓﻲ ﺍﻟﻤﻮﺿﻮﻋﺎﺕ . ‘Barang siapa yang memiliki hasrat birahi, kemudian ia menolak syahwatnya tersebut dan mengalahkan nafsunya, maka Allah akan mengampuninya’ (Al- Iraqi: Diriwayatkan oleh Abu Syaikh Ibnu Hibban dalam kitab al-Tsawab dengan sanad yang sangat lemah. Dan Ibnu al-Jauzi mencantumkannya dalam kitab al-Maudlu’at) Ibnu al-Jauzi: Hadis ini palsu, diduga pelakunya adalah Amr bi