Posts

Showing posts from May 3, 2015

4238. MAKAN BERSAMA YANG BACA BASMALLAH SATU ORANG ?

PERTANYAAN : Assalamualaikum w.b. Kalau Makan bareng berjamaah sama orang banyak yang sunah basmalah apakah masing-masing orang atau cukup satu orang saja ? [ Nafisah Zahiroh ]. JAWABAN : Wa alaikumus salaam. Nash imam as syafi'i menyatakan bahwa jika salah seorang dari jama'ah membaca basmallah maka yang lain sudah mendapatkan asal kesunahan. - kitab adabus syar'iyyah (3/179) : وذكر أبو زكريا النواوي رحمه الله أن التسمية هنا مجمع على استحبابها وظاهر ما ذكروه لا يسمي غير الشارب ، والآكل عنه الي ان قال   ونص الشافعي أنه إذا سمى واحد من الجماعة حصل أصل السنة - kitab i'anatuth tholibin : إعانة الطالبين على حل ألفاظ فتح المعينوَالحَاصِلُ أَنَّهَا تَعْتَرِيْهَا الأَحْكَامُ الخَمْسَةُ Kesimpulannya, bahwa hukum membaca Bismillah terbagi lima bagian, yaitu : الوُجُوبُ , كَمَافِى الصَّلاَةِ عِنْدَناَ مَعَاشِرَ الشَّافِعِيَّةِ1 . 1. Wajib Sebagaimana hukum membaca Bismillah ketika mendirikan shalat, menurut madhab kita Imam Syafi'i. الاِسْتِحْباَبُ , عَيْن

4237. LAIN LAIN : MEMASUKKAN AMALAN DUNIA KE DALAM AMALAN AKHERAT

PERTANYAAN : KholizDlz Assalamu'alaikum... Mau tanya ...Salah satu nasihat. Rosullullah kepada Mu'adz bin Jabbal adalah "Janganlah engkau memasukkan amal perbuatan dunia ke dalam amal perbuatan akhirat" Yg saya tanyakan, Nasihat tsb diatas maksudnya gmn ya?? & kalau bisa beri contohnya juga    Syukron... Wassalam... JAWABAN : > Yai Abdullah Afif Wa alaikumus salaam   ولا تدخل عمل الدنيا في عمل الآخرة ihya 2/482 atau 3/296 (syamilah)  juga dalam kitab Bahruddumuu' halaman 137 atau 163-164 (PDF) syarahnya sebagaimana dalam kitab Maraaqil 'Ubuudiyyah halaman 100: (ولا تُدْخِلْ عملَ الدُّنيا)كطلب منفعتها (في عمل الآخرة)من نحو طلب العلم (dan janganlah memasukkan amalan dunia) misalnya mencari manfaat dunia (kedalam amalan akherat) contohnya mencari ilmu. jadi maksud dari " Janganlah engkau memasukkan amal perbuatan dunia ke dalam amal perbuatan akhirat" adalah ketika kita sedang melakukan suatu ibadah misalnya tolabul ilmi, maka janganlah bertuj

4236. PENJELASAN SIFAT QUDRAT ALLAH SWT

PERTANYAAN : Assalaamu alaikum, logiskah pertanyaan yang tidak logis ini sya jawab wahai sahabat piss "mampukah Allah menciptakan sebongkah batu besar yang tidak bisa dia angkat ", ini dari kaum rasionalis, jika sudi tolong beri pencerahannya. Syukron. [ Nasjul Ankabut ]. JAWABAN : Wa alaikumus salaam warohmatulloh, pertanyaan tersebut nggak perlu dijawab, karena nggak nyambung, sifat qudrot Allah tidak berhubungan kecuali dengan hal-hal yang mungkin saja, kalau mau menjawab maka jawablah : " itu hal mustahil, dan sifat qudrotnya Allah tidak berhubungan dengan hal-hal yang mustahil". - kitab fathul majid hal 23 : فاذا قال لك قائل هل الله قادر ان يتخذ شريكا او زوجة او ولدا فلا تقل له هو قادر علي ذالك لان ذالك مستحيل والقدرة لا تتعلق به ولا تقل له ليس بقادر لانك تثبت له العجز والعجز عليه تعالي محال وانما تقول هذا مستحيل وقدرته تعالي لا تتعلق بالمستحيل فتنبه لذلكفقدرته تعالي لا تتعلق الا بالممكنات لا بالواجبات ولا بالمستحيلات فتح المجيد ص 23 فائدة: رُ

4235. JIKA BINGUNG ANTARA MERAWAT ORANG TUA ATAU MERTUA

PERTANYAAN : Assalamualaikum wr wb.Ustadz dan ustadzah saya dapat amanah pertanyaan dari seseorang. Ada seorang istri yang hidupnya di keluarga suami. Dia harus merawat mertuanya, sedangkan dia tidak bisa merawat orang tuanya sendiri. Apakah pahala nya sama antara merawat mertua dan orang tua? Alhamdulillahi jazakumullahi khoiroo. Wassalamualaikum wr wb. ( Suryono Yamaha ). JAWABAN : Wa'alaykumussalaam. Penentuan pahala itu hak Allah, dan Allah tentu maha Adil, yang terpenting kita ikhlas melakukan apapun semata karena Allah. Orang tua hak tertinggi untuk dibaktii dan mertua ada di urutan di bawahnya. ﻛﺘﺎﺏ ﺍﻟﺒﺮ ﻭﺍﻟﺼﻠﺔ ﻭﺍﻵﺩﺍﺏ ﺑﺎﺏ ﺑﺮﺍﻟﻮﺍﻟﺪﻳﻦ ﻭﺃﻧﻬﻤﺎ ﺃﺣﻖ ﺑﻪ2548 ﺣﺪﺛﻨﺎ ﻗﺘﻴﺒﺔ ﺑﻦ ﺳﻌﻴﺪ ﺑﻦ ﺟﻤﻴﻞ ﺑﻦ ﻃﺮﻳﻒ ﺍﻟﺜﻘﻔﻲﻭﺯﻫﻴﺮ ﺑﻦ ﺣﺮﺏ ﻗﺎﻻ ﺣﺪﺛﻨﺎ ﺟﺮﻳﺮ ﻋﻦ ﻋﻤﺎﺭﺓ ﺑﻦ ﺍﻟﻘﻌﻘﺎﻉ ﻋﻦﺃﺑﻲ ﺯﺭﻋﺔ ﻋﻦ ﺃﺑﻲ ﻫﺮﻳﺮﺓ ﻗﺎﻝ ﺟﺎﺀ ﺭﺟﻞ ﺇﻟﻰ ﺭﺳﻮﻝ ﺍﻟﻠﻪﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﻓﻘﺎﻝ ﻣﻦ ﺃﺣﻖ ﺍﻟﻨﺎﺱ ﺑﺤﺴﻦﺻﺤﺎﺑﺘﻲ ﻗﺎﻝ ﺃﻣﻚ ﻗﺎﻝ ﺛﻢ ﻣﻦ ﻗﺎﻝ ﺛﻢ ﺃﻣﻚ ﻗﺎﻝ ﺛﻢ ﻣﻦﻗﺎﻝ ﺛﻢ ﺃﻣﻚ ﻗﺎﻝ ﺛﻢ ﻣﻦ ﻗﺎﻝ ﺛﻢ ﺃﺑﻮﻙ ﻭﻓﻲ ﺣﺪﻳﺚ ﻗﺘﻴﺒﺔﻣﻦ ﺃﺣﻖ ﺑﺤﺴﻦ ﺻﺤﺎﺑﺘﻲ ﻭﻟﻢ ﻳﺬﻛﺮ ﺍﻟﻨﺎﺱ 1: ﺍﻟﺤﺎﺷ

4234. IDDAH WAFAT DAN PERMASALAHANNYA

PERTANYAAN : Assalamu'alaikum. Terjadinya masalah : ada seorang wanita hamil di luar nikah (Na'udzu billahi min dzalik) ketika kandungannya berumur 3.bulan, wanita tsbt dinikahi oleh si fulan, setelah dukhul, 2 bulan kemudian si fulan wafat, (berarti umur kandungan 5.bulan). Satu bulan kemudian setelah wafat si fulan saat kandungan berumur 6 bulan wanita tsbt keguguran (kelabuwen bahasa Madura nya). Pertanyaan : 'iddah apakah yang harus dijalani wanita tsb ? sebelumnya atas pencerahan & jawaban saya ucapkan terima kasih, semoga menjadi 'Ilmu yang nafi'. ( Arjuu Syafa'ah ). JAWABAN : Wa'alaykumussalaam. 'Iddah yang harus dijalani wanita tersebut adalah 'Iddah wafat. Wanita yang hamil karena zina tidak berlaku iddah baginya. Setelah dinikahi si fulan, dan si fulan wafat, maka wanita tersebut harus menjalani iddah wafat, yaitu 4 bulan 10 hari. Wallahu a'lam bish-showab. ( MUJAWIB : Ghufron bkl, Kang dul, Jasmail jeep ). Ibarot :