Posts

Showing posts from May 10, 2015

4275. TASAWUF : RIDHO DAN IKHLAS

PERTANYAAN : Uci Sanusi assalaamu'alaikum... tangklet mbah...apa bedanya Ridho sama Ikhlas? matur suwun... JAWABAN : > Mas Hamzah wa alaikumus salaam BAB RIDHO -Kitab Risalatul Qusyairiyah (2/341-2345) بَاب الرضاقَالَ اللَّه عَزَّ وَجَلَّ: {رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمْ وَرَضُوا عَنْهُ} [المائدة: 119] الآية.أَخْبَرَنَا عَلِيُّ بْنُ أَحْمَدَ الأَهْوَازِيُّ قَالَ: حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ عُبَيْدٍ الْبَصْرِيُّ قَالَ: حَدَّثَنَا الْكَرِيمِيُّ قَالَ: حَدَّثَنَا يَعْقُوبُ بْنُ إِسْمَاعِيلَ السَّلالُ قَالَ: حَدَّثَنَا أَبُو عَاصِمٍ الْعَبَادَانِيُّ , عَنِ الْفَضْلِ بْنِ عِيسَى الرَّقَاشِيُّ , عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ الْمُنْكَدِرِ , عَنْ جَابِرٍ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: بَيْنَا أَهْلُ الْجَنَّةِ فِي مَجْلِسٍ لَهُمْ إِذْ سَطَعَ لَهُمْ نُورٌ عَلَى بَابِ الْجَنَّةِ فَرَفَعُوا رُءُوسَهُمْ فَإِذَا الرَّبُّ تَعَالَى قَدْ أَشْرَفَ عَلَيْهِمْ فَقَالَ: يَا أَهْلَ الْجَنَّةِ سَلُونِي.فَقَالُوا: نَسْأَلُكَ الرِّضَا عَنَّا.قَالَ تَعَالَى: رِضَايَ قَدْ أَحَل

4344. AQIDAH : PEMBERIAN NAMA NABI "MUHAMMAD" MELALUI ILHAM

PERTANYAAN >> Syai Roezy Assalamu'alaikum Mohon poro yai dan nyai Piss-KTB berkenan menerangkan, Dalam Nash ada lafadz (من بعد اسمه احمد)  Pertanyaannya: 1. Mengapa oleh sayyid Abdul Muttholib di ganti Muhammad? 2. Di mana kekuatan nash tersebut? terimakasih JAWABAN >> Yai Abdullah Afif  Wa'alaikumussalaam  Bukan diganti,namun ada nash bahwa diantara nama beliau adalah Ahmad. >> Muhib Salaf Soleh  ﺣﺪﺛﻨﺎ ﺃﺑﻮ اﻟﻴﻤﺎﻥ، ﺃﺧﺒﺮﻧﺎ ﺷﻌﻴﺐ، ﻋﻦ اﻟﺰﻫﺮﻱ، ﻗﺎﻝ: ﺃﺧﺒﺮﻧﻲ ﻣﺤﻤﺪ ﺑﻦ ﺟﺒﻴﺮ ﺑﻦ ﻣﻄﻌﻢ، ﻋﻦ ﺃﺑﻴﻪ ﺭﺿﻲ اﻟﻠﻪ ﻋﻨﻪ، ﻗﺎﻝ: ﺳﻤﻌﺖ ﺭﺳﻮﻝ اﻟﻠﻪ ﺻﻠﻰ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﻳﻘﻮﻝ: ﺇﻥ ﻟﻲ ﺃﺳﻤﺎء، ﺃﻧﺎ ﻣﺤﻤﺪ، ﻭﺃﻧﺎ ﺃﺣﻤﺪ، ﻭﺃﻧﺎ اﻟﻤﺎﺣﻲ اﻟﺬﻱ ﻳﻤﺤﻮ اﻟﻠﻪ ﺑﻲ اﻟﻜﻔﺮ، ﻭﺃﻧﺎ اﻟﺤﺎﺷﺮ اﻟﺬﻱ ﻳﺤﺸﺮ اﻟﻨﺎﺱ ﻋﻠﻰ ﻗﺪﻣﻲ، ﻭﺃﻧﺎ اﻟﻌﺎﻗﺐ.رواه البخاري ٤٨٩٦. Bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: Sesungguhnya saya adalah Muhammad, saya adalah Ahmad, saya adalah al-Mahi yang maknanya Allah menghapus kekufuran denganku, saya adalah al-Hasyir yang maknanya orang-orang akan dikumpulkan mengikuti kakiku, dan saya adalah al-'Aqib

4279. JIKA SUAMI BERCERITA KE ISTRI TENTANG MIMPI MENALAQNYA

PERTANYAAN : Assalamualaikum wr.wb. Numpang nanya apa jatuh talak seorng suami yang bercerita pada istrinya : "saya tadi malam bermimpi thalak kamu" katanya lafad talak yang shoreh tidak butuh niat? Makasih. [ Imron SoccerLovers ]. JAWABAN : Wa'alaykumussalaam. Tidak terjadi thalaq, karena itu hanya sebatas menceritakan, bukan berkomunikasi (khitob). Wallahu a'lam bish-showaab. ( Ghufron Bkl ) : فإن مجرد حكاية الطلاق من غير قصد إنشاء الطلاق لا يلزم منه شيء، وتقدم بيانه في الفتوى رقم: 48463.وتلفظك باللفظ المذكور على الحالة التي ذكرت لا يقع به الطلاق لأنك لم ترد به إنشاء الطلاق، ثم إن اللفظ ليس صريحا في الطلاق ولا كناية فيه. www.neqashalhb.com/showthread.php?t=9527&page=2 LINK ASAL: www.fb.com/groups/piss.ktb/914030008619808 www.fb.com/notes/www.piss-ktb.com/967846823238126

4278. TARIKH : TENTANG NABI ISA, NABI ILYAS DAN NABI KHIDHIR ALAIHIMUS SALAAM

PERTANYAAN : Ikhlas Salam.. Nabi 'isya penguasa langit..Nabi ilyas penguasa daratan dan Nabi khidir penguasa lautan..bener ga? JAWABAN : > Af-idahtus Sholihah  wa'alaykumussalaam...wr.wb Musnad Abu Usamah “Nabi Khidhir di samudra dan Nabi Ilyas di daratan, mereka bertemu tiap malam di samping tembok yang dibuat Dzul Qarnain.” ( Lihat Syawahid al-Haq hlm. 200 tentang 4 hadits yang dibawakan Ibnul Jauzi. ) Al-Hafizh al-Munawi mengatakan bahwa hadits tentang ini dha‘if, akan tetapi menjadi kuat (hasan) karena banyaknya riwayat dengan lafazh yang berbeda-beda termasuk dalam al-Mustadrak. Dan kesimpulannya hadits-hadits di atas adalah hasan atau shahih bukan lagi dha‘if. (Faidh al-Qadir juz 3 hlm. 618-619.) http://www.piss-ktb.com/2012/03/f0004-bukti-bahwa-nabi-khidir-as-masih.html > Mas Hamzah di riwayatkan dari hasan al bisri bahwa nabi ilyas di wakilkan menguasai daratan dan nabi khidir diwakilkan menguasai lautan dan keduanya diberi umur panjang di dunia sampai

4277. HUKUM AIR SEDIKIT YANG TERKENA NAJIS

PERTANYAAN : Assalamualaikum. Maaf pak mau bertanya : Adakah ulama kalangan syafiiyah yang berfatwa / mengatakan bahwa air sedikit yang kemasukan najis tidak dihukumi najis selama tidak berubah warna/ bau/ rasanya? Matur suwun. [ Aep Ezztt ]. JAWABAN : Wa'alaikumussalaam, ya ada pedapat bahwa air sedikit yang kemasukan najis tidak dihukumi najis selama tidak berubah warna/ bau/ rasanya, itu pendapatnya ibnu mundzir, imam al ghozali dalam kitab ihya', dan imam rouyani dalam kitabal bahr dan al hilyah. Wallohu a'lam bis showab. ( Mas Hamzah, Ghufron Bkl ) - kitab albahjatul wirdiyah (1/30) : ﻭﻗﻴﻞ ﻻ ﻳﻨﺠﺲ ﻛﺜﻴﺮ ﺍﻟﻤﺎﺀ و ﻻ ﻗﻠﻴﻠﻪ الا ﺑﺎﻟﺘﻐﻴﺮ ﺣﻜﺎﻩ ﻓﻲ ﺍﻟﻤﺠﻤﻮﻉ ﻋﻦ ﻃﺎﺋﻔﺔ ﻣﻦ ﺍﻟﺼﺤﺎﺑﺔ و ﻏﻴﺮﻫﻢ و ﺍﺧﺘﺎﺭﻩ ﺍﺑﻦ ﺍﻟﻤﻨﺬﺭ و ﺍﻟﻐﺰﺍﻟﻲ ﻓﻲ ﺍﻼ ﺣﻴﺎﺀ و ﺍﻟﺮﻭﻳﺎﻧﻲ ﻓﻲ ﻛﺘﺎﺑﻴﻪ ﺍﻟﺒﺤﺮ و ﺍﻟﺤﻠﻴﺔ ﻗﺎﻝ ﻓﻲ ﺍﻟﺒﺤﺮ ﻫﻮ ﺍﺧﺘﻴﺎﺭﻱ ﻭﺍﺧﺘﻴﺎﺭ ﺟﻤﺎﻋﺔ ﺭﺃﻳﺘﻬﻢ ﺑﺨﺮﺍﺳﺎﻥ و ﺍﻟﻌﺮﺍﻗﻲ - kitab I'anatut Tholibin : اعانة الطالبين : واختار كثيرون من أئمتنا مذهب مالك: أن الماء لا ينجس مطلقا إلا بالتغير، (قوله: واختار كثيرون ال

4276. HUKUM MENDAHULUKAN MENIKAH DARIPADA HAJI

PERTANYAAN : Assalamu'alaikum. Malam jum'at yang lalu saya sudah mengamalkan ijazah amalan punya yai Rampak Naung (mempermudah naik haji) dan Alhamdulillah adem rasanya ± dari jam 1 sampai ± jam 4 ¼ hampir subuh. Mohon barokah doa nya yai, untuk kami yang mengamalkan, maturnuwun. Tinggal sekarang mikir mau nabung buat nikah, apa buat naik haji dulu atau dua dua nya ? [ Ahmad Rofi'i ]. JAWABAN : Wa alaikum salaam.  Kalau khawatir zina maka wajib mendahulukan nikah, kalau tidak maka lebih utama menunaikan haji lebih dulu. ولو تعارض الحج والنكاح . . فالأفضل لمن لم يخف العنت تقديم الحج ، ولخائف العنت تقديم النكاح بل يجب عليه ذلك إن تحقق أو غلب على ظنه الوقوع في الزنا. ولو مات قبل الحج في هذه الحالة . . لم يكن عاصيا - kitab hasiyah qolyubi (5/475) : ولو ملك ما يمكنه به الحج واحتاج إلى النكاح لخوفه العنت ، فصرف المال إلى النكاح أهم لأن الحاجة إليه ناجزة والحج على التراخي ، وصرح الإمام بعدم وجوبه عليه ، وصرح كثير من العراقيين وغيرهم بوجوبه وصححه في الروضة . - kita