Posts

Showing posts from March 6, 2015

SEBUAH ANALISA HADIST DALAM KITAB IHYA' ULUMIDDIN

Image
Mengkaji Ulang Tuduhan Hadis Palsu Kitab Ihya’ (Bag I) Mengkaji Ulang Tuduhan Hadis Palsu Kitab Ihya’ (Bag I) (Ibnu Jauzi telah menuduh 30-an hadis dalam kitab Ihya’ sebagai hadis palsu. Namun setelah dikaji ulang berdasarkan penilaian ahli hadis lainnya ternyata banyak mengandung kesalahan) ﻓﻰ ﺍﻟﺠﺰﺀ ﺍﻻﻭﻝ Hadis I No. 39 Hal. 20 ﺣَﺪِﻳْﺚُ ﺃَﺑِﻲ ﺫَﺭٍّ " ﺣُﻀُﻮْﺭُ ﻣَﺠْﻠِﺲِ ﻋِﻠْﻢٍ ﺃَﻓْﻀَﻞُ ﻣِﻦْ ﺻَﻠَﺎﺓِ ﺃَﻟْﻒِ ﺭَﻛْﻌَﺔٍ ﻭَﻋِﻴَﺎﺩَﺓِ ﺃَﻟْﻒِ ﻣَﺮِﻳْﺾٍ ﻭَﺷُﻬُﻮْﺩِ ﺃَﻟْﻒِ ﺟَﻨَﺎﺯَﺓٍ ، ﻓَﻘِﻴْﻞَ ﻳَﺎ ﺭَﺳُﻮْﻝَ ﺍﻟﻠﻪِ : ﻭَﻣِﻦْ ﻗِﺮَﺍﺀَﺓِ ﺍْﻟﻘُﺮْﺁﻥِ ؟ ﻓَﻘَﺎﻝَ ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ : ﻭَﻫَﻞْ ﻳَﻨْﻔَﻊُ ﺍﻟْﻘُﺮْﺁﻥُ ﺇِﻟَّﺎ ﺑِﺎﻟْﻌِﻠْﻢِ ؟ " ** ﺫﻛﺮﻩ ﺍﺑﻦ ﺍﻟﺠﻮﺯﻱ ﻓﻲ ﺍﻟﻤﻮﺿﻮﻋﺎﺕ ﻣﻦ ﺣﺪﻳﺚ ﻋﻤﺮ ﻭﻟﻢ ﺃﺟﺪﻩ ﻣﻦ ﻃﺮﻳﻖ ﺃﺑﻲ ﺫﺭ . ‘Menghadiri majlis ilmu lebih utama daripada salat (sunah) seribu rakaat, atau mengunjungi seribu orang sakit, atau menghadiri janazah. Rasul ditanya: (apakah lebih utama) dari membaca al-Quran? Rasul Saw menjawab: Bukankah al-Quran tidak berguna kecuali dengan ilmu? (al-Iraqi: Hadis ini dican

APAKAH AHLI HADIST MELAKUKAN BID'AH ?

Image
KETIKA AHLI HADIST MELAKUKAN BID'AH…. Bid’ah saat ini menjadi sebuah bahasa yang menyeramkan karena sebagian kelompok menilainya sebagai kesesatan, seluruhnya tanpa terkecuali. Bagi mereka, setiap amalan dalam agama yang tidak dilakukan oleh Nabi, atau menentukan waktu ibadah dengan cara-cara tertentu adalah bid’ah yang sesat dan pelakunya akan masuk neraka. Namun pernahkah terlintas dalam pikiran bahwa para ahli hadis yang meriwayatkan hadis tentang bid’ah, ternyata juga melakukan bid’ah. Apakah ahli hadis itu melakukan bid’ahnya tanpa sadar? Tidak tahukah kalau semua bid’ah adalah sesat? Kalaulah mereka mengaku bahwa semua bid’ah sesat, sementara para ahli hadis melakukan perbuatan bid’ah, seperti Imam Bukhari yang salat saat setiap menulis hadisnya di dalam kitab Sahih (padahal tidak ada perintah dari Nabi dan Imam Bukhari menentukan sendiri tidak berdasarkan tuntunan Syar’i), lalu mengapa sampai saat ini mereka sering memakai hadis-hadis riwayat Imam Bukhari? riwayat Imam Ahmad

HUKUM KIRIM DOA BAGI MAYIT DALAM PANDANGAN TOKOH WAHABI

Fatwa Syaikh Utsaimin Tentang Kirim Pahala al-Quran Fatwa Syaikh Utsaimin Tentang Kirim Pahala al-Quran ﻣﺠﻤﻮﻉ ﻓﺘﺎﻭﻯ ﻭﺭﺳﺎﺋﻞ ﺍﺑﻦ ﻋﺜﻴﻤﻴﻦ - ‏( ﺝ 7 / ﺹ 159 ‏) ﺍﻟﻨﺎﺱ ﻋﻠﻰ ﻗﻮﻟﻴﻦ ﻣﻌﺮﻭﻓﻴﻦ: ﺃﺣﺪﻫﻤﺎ: ﺃﻥ ﺛﻮﺍﺏ ﺍﻟﻌﺒﺎﺩﺍﺕ ﺍﻟﺒﺪﻧﻴﺔ ﻣﻦ ﺍﻟﺼﻼﺓ ﻭﺍﻟﻘﺮﺍﺀﺓ ﻭﻧﺤﻮﻫﻤﺎ ﻳﺼﻞ ﺇﻟﻰ ﺍﻟﻤﻴﺖ ﻛﻤﺎ ﻳﺼﻞ ﺇﻟﻴﻪ ﺛﻮﺍﺏ ﺍﻟﻌﺒﺎﺩﺍﺕ ﺍﻟﻤﺎﻟﻴﺔ ﺑﺎﻹﺟﻤﺎﻉ ﻭﻫﺬﺍ ﻣﺬﻫﺐ ﺃﺑﻲ ﺣﻨﻴﻔﺔ ﻭﺃﺣﻤﺪ ﻭﻏﻴﺮﻫﻤﺎ ﻭﻗﻮﻝ ﻃﺎﺋﻔﺔ ﻣﻦ ﺃﺻﺤﺎﺏ ﻣﺎﻟﻚ ﻭﺍﻟﺸﺎﻓﻌﻲ ﻭﻫﻮ ﺍﻟﺼﻮﺍﺏ ﻷﺩﻟﺔ ﻛﺜﻴﺮﺓ ﺫﻛﺮﻧﺎﻫﺎ ﻓﻲ ﻏﻴﺮ ﻫﺬﺍ ﺍﻟﻮﺿﻊ. ﻭﺍﻟﺜﺎﻧﻲ: ﺃﻥ ﺛﻮﺍﺏ ﺍﻟﻌﺒﺎﺩﺓ ﺍﻟﺒﺪﻧﻴﺔ ﻻ ﻳﺼﻞ ﺇﻟﻴﻪ ﺑﺤﺎﻝ ﻭﻫﻮ ﺍﻟﻤﺸﻬﻮﺭ ﻋﻨﺪ ﺃﺻﺤﺎﺏ ﺍﻟﺸﺎﻓﻌﻲ ﻭﻣﺎﻟﻚ. “Para ulama terdiri dari 2 pendapat; pertama, bahwa pahala ibadah yang bersifat fisik seperti salat, membaca al-Quran dan lainnya akan sampai kepada mayit sebagaimana sampainya pahala ibadah yang bersifat materi sesuai kesepakatan ulama. Ini adalah madzhab Abu Hanifah, Ahmad, sekelompok ulama dari madzhab Maliki dan Syafii. Inilah pendapat yang benar, berdasarkan dalil-dalil yang kami paparkan di luar pembahasan ini. Kedua, bahwa ibadah yang bersifat fisik tidak sampai kepada mayit sama sekali. Ini

3859. HUKUM MEMBATALKAN PUASA RAMADHAN TANPA UDZUR

PERTANYAAN : Assalamu'alaykum.Mau nanya, orang yang sengaja membatalkan puasa ramadlan (tanpa udzur) itu wajib qodho saja, apa wajib qodho & fidyah? Terimakasih. [ Wahid ]. JAWABAN : Wa'alaikum salam wr.wb. Berdosa orang yang sengaja membatalkan puasa ramadlan (tanpa udzur) dan dia wajib qodlo' puasa yang ditinggalkan, tetapi tidak usah membayar fidyah. Berbeda jika membatalkan puasa dengan jimak maka wajib qodlo' dan bayar kafarot. Lihat Syarah muhaddzab juz 1 hal 331 : ومن أفطر في رمضان بغير جماع من غير عذر وجب عليه القضاء لقوله صلى الله عليه وسلم: "من استقاء فعليه القضاء1" ولأن الله تعالى أوجب القضاء على المريض والمسافر مع وجود العذر فلأن يجب مع عدم العذر أولى ويجب عليه إمساك بقية النهار لأنه أفطر بغير عذر فلزمه إمساك بقية النهار ولا تجب عليه الكفارة لأن الأصل عدم الكفارة إلا فيما ورد به الشرع وقد ورد الشرع بإيجاب الكفارة في الجماعوما سواه ليس في معناه لأن الجماع أغلظ ولهذا يجب به الحد في ملك الغير ولا يجب فيما سواه فبقي على الأصل وإن بلغ

3858. BOLEHKAH MUSAQOH SELAIN KURMA DAN ANGGUR

PERTANYAAN : Bade tangklet. bolehkah akad musaqoh itu diterapkan di selain anggur dan kurma ? contoh perkebunan sawit, matur suwun. [ Yusuf Al Asad ]. JAWABAN: Tidak boleh akad musaqoh itu diterapkan pada selain anggur dan kurma, misal perkebunan sawit. Musaqoh itu khusus hanya bagi kurma dan anggur. Kalangan Imam Syafi’iyah berpendapat pada pohon kurma dan anggur saja. Landasan Imam Syafi’i tersebut berkaitan dengan hukum zakat-Nya. Bahkan-Imam Syafi’i dalam qaul jadid hanya membolehkan musaqah untuk pohon kurma dan anggur. Musaqah tidak dapat dilakukan atas tanaman lain, kecuali tanaman tersebut ditanam di kebun kurma atau anggur. Tetapi dalam qaul qadim, Iman Syafi’i membolehkan musaqah untuk semua jenis tanaman. Sayangnya tidak boleh berfatwa dengan qoul qodim kecuali 18 masalah. Dan masalah musaqoh selain kurma dan anggur itu tidak termasuk salah satu yang 18 itu. Wallohu a'lam. ( Muhib Salaf soleh, Ulilalbab Hafas, Wong Gendeng, Muhib Salaf Soleh,ไฒ วง ). - Iba

KISAH WALIYULLOH YANG TERSEMBUNYI

Image
WALI ALLOH YANG TERSEMBUNYI ******* Sumber. buku harian Sultan Murad IV (Sultan Turki Utsmani, memerintah Sep 1623 - Feb 1640) yang berbahasa arab. ﻗﺼﺔ ﻣﻦ ﻣﺬﻛﺮﺍﺕ ﺍﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻣﺮﺍﺩ ﺍﻟﺮﺍﺑﻊ .. ﻳﻘﻮﻝ ﺃﻧﻪ ﺣﺼﻞ ﻟﻪ ﻓﻲ ﻫﺬﻩ ﺍﻟﻠﻴﻠﺔ ﺿﻴﻖ ﺷﺪﻳﺪ ﻟﻴﻌﻠﻢ ﺳﺒﺒﻪ ﻓﻨﺎﺩﻯ ﻟﺮﺋﻴﺲ ﺣﺮﺳﻪ ﻭﺃﺧﺒﺮﻩ ﻭﻛﺎﻥ ﻣﻦ ﻋﺎﺩﺗﻪ ﺗﻔﻘﺪ ﺍﻟﺮﻋﻴﺔ ﻣﺘﺨﻔﻴﺎ . ﻓﻘﺎﻝ ﻟﻨﺨﺮﺝ ﻧﺘﻤﺸﻰ ﻗﻠﻴﻼ ﺑﻴﻦ ﺍﻟﻨﺎﺱ . ﻓﺴﺎﺭﻭﺍ ﺣﺘﻰ ﻭﺻﻠﻮﺍ ﺣﺎﺭﺓ ﻣﺘﻄﺮﻓﺔ ﻓﻮﺟﺪ ﺭﺟﻼ ﻣﺮﻣﻴﺎ ﻋﻠﻰ ﺍﻷﺭﺽ ﻓﺤﺮﻛﻪ ﺍﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻓﺈﺫﺍ ﻫﻮ ﻣﻴﺖ ﻭﺍﻟﻨﺎﺱ ﺗﻤﺮ ﻣﻦ ﺣﻮﻟﻪ ﻻ ﺃﺣﺪ ﻳﻬﺘﻢ . ﻓﻨﺎﺩﻯ ﻋﻠﻴﻬﻢ ﺗﻌﺎﻟﻮﺍ ﻭﻫﻢ ﻳﻌﺮﻓﻮﻧﻪ . ﻗﺎﻟﻮﺍ ﻣﺎﺫﺍ ﺗﺮﻳﺪ؟ . ﻗﺎﻝ : ﻟﻤﺎﺫﺍ ﻫﺬﺍ ﺍﻟﺮﺟﻞ ﻣﻴﺖ ﻭﻻ ﺃﺣﺪ ﻳﺤﻤﻠﻪ ﻣﻦ ﻫﻮ؟ ﻭﺃﻳﻦ ﺃﻫﻠﻪ؟ ﻗﺎﻟﻮﺍ ﻫﺬﺍ ﻓﻼﻥ ﺍﻟﺰﻧﺪﻳﻖ ﺷﺎﺭﺏ ﺍﻟﺨﻤﺮ ﻭﺯﺍﻧﻲ . ﻗﺎﻝ ﺃﻟﻴﺲ ﻫﻮ ﻣﻦ ﺃﻣﺔ ﻣﺤﻤﺪ ﻋﻠﻴﻪ ﺍﻟﺼﻼﺓ ﻭﺍﻟﺴﻼﻡ؟ . ﻓﺎﺣﻤﻠﻮﻩ ﻣﻌﻲ ﺇﻟﻰ ﺑﻴﺘﻪ ﻓﻔﻌﻠﻮﺍ ..ﻭﻟﻤﺎ ﺭﺃﺗﻪ ﺯﻭﺟﺘﻪ ﺃﺧﺬﺕ ﺗﺒﻜﻲ ﻭﺫﻫﺐ ﺍﻟﻨﺎﺱ ﻭﺑﻘﻲ ﺍﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻭﺭﺋﻴﺲ .ﺍﻟﻨﺎﺱ ﺗﻘﻮﻝ ﻋﻨﻪ ﻛﺬﺍ ﻭﻛﺬﺍ ﺣﺘﻰ ﺃﻧﻬﻢ ﻟﻢ ﻳﻜﺘﺮﺛﻮﺍ ﻟﻤﻮﺗﻪ ؟ ﻗﺎﻟﺖ : ﻛﻨﺖ ﺃﺗﻮﻗﻊ ﻫﺬﺍ . . ﺇﻥ ﺯﻭﺟﻲ ﻛﺎﻥ ﻳﺬﻫﺐ ﻛﻞ ﻟﻴﻠﺔ ﻟﻠﺨﻤﺎﺭﺓ ﻳﺸﺘﺮﻱ ﻣﺎ ﺍﺳﺘﻄﺎﻉ ﻣﻦ ﺍﻟﺨﻤﺮ ﺛﻢ ﻳﺤﻀﺮﻩ ﻟﻠﺒﻴﺖ ﻭﻳﺼﺒﻪ ﻓﻲ ﺍﻟﻤﺮﺣﺎﺽ ﻭﻳﻘﻮﻝ ﺃﺧﻔﻒ ﻋﻦ ﺍﻟﻤﺴﻠﻤﻴﻦ . ﻭﻛﺎﻥ ﻳﺬﻫﺐ ﺇﻟﻰ ﻣﻦ ﺗﻔﻌﻞ ﺍﻟﻔﺎﺣﺸﺔ ﻳﻌﻄﻴﻬﺎ ﺍﻟﻤﺎﻝ ﻭﻳﻘﻮﻝ ﻫﺬﻩ ﺍﻟﻠﻴﻠﺔ ﻋﻠﻰ ﺣﺴﺎﺑﻲ ﺍﻏﻠﻘﻲ ﺑﺎﺑﻚ ﺣﺘﻰ ﺍﻟ